Sukses

MRT Jakarta Belajar dari Tunnelbana Stockholm

Delegasi PT MRT Jakarta melakukan studi banding dan peninjauan sistem kereta bawah tanah (Tunnelbana) Stockholm, Jumat 6 Desember 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Delegasi PT MRT Jakarta yang terdiri atas Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin, dan Spesialis Komunikasi Perusahaan Ricky Putra, didampingi Dubes RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro, melakukan studi banding dan peninjauan sistem kereta bawah tanah (Tunnelbana) Stockholm, Jumat 6 Desember 2019.

Selama di Swedia mereka mengadakan pertemuan dengan sejumlah rekan sejawat dalam transportasi publik, yaitu Metro Stockholm dan MTR Nordik sebagai pemilik infrastruktur dan operator transportasi dalam kota Stockholm, demikian KBRI Stockholm dalam keterangan yang diterima Antara London, Sabtu 7 Desember 2019.

Pada pertemuan dengan Direktur Internasional SL, Bjorn Homlberg, dan Chairman of Stockholm Public Transport, Kristoffer Tamsons, delegasi membahas sistem integrasi antar-moda, sistem ticketing, dan aspek lingkungan operasional transportasi publik.

Dubes Bagas menyatakan pertemuan itu sangat penting untuk keberlanjutan MRT di Jakarta. "Ini langkah penting menjadikan moda transportasi publik Jakarta yang semakin nyaman, efisien, dan sustainable," ujar Dubes Bagas.

Pada pertemuan itu para pihak juga mendalami rencana penandatanganan MoU antara PT MRT Jakarta dengan Metro Stockholm. "Butir-butir penting, khususnya mengenai kelanjutan kerja sama kedua pihak telah masuk ke dalam rancangan MoU, selanjutnya tinggal ditandatangani" ujar Bjorn.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stockholm

Pemerintah Daerah Stockholm merupakan pemilik infrastruktur transportasi stasiun, jalur kereta dan gerbong kereta apinya, namun untuk pengoperasiannya telah diserahkan kepada swasta.

 Pada kesempatan terpisah, delegasi bertemu dengan MTR Nordik, yaitu CFO, Hakan Nilsson dan Business Development Director, Malin Onneflod. Pembahasan utamanya adalah mengenai operasionalisasi transportasi publik.

Stockholm unggul dalam hal ini di mana Tunnelbana Stockholm memiliki penumpang harian sebanyak 1,3 juta, 100 stasiun yang 50 persen di antaranya berada di bawah tanah, dan membentang dengan jarak tempuh mencapai 108km.

MTR Nordik merupakan perusahaan yang menang tender Pemerintah Daerah Stockholm sejak tahun 2008 untuk mengoperasikan jalur kereta yang sangat padat di Stockholm. Delegasi juga melakukan peninjauan ke Tunnelbana dengan melihat interior sebagian besar stasiun Tunnelbana yang dihiasi dengan mural dan lukisan dinding yang menjadi daya tarik tersendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.