Sukses

Bocah 12 Tahun Hanyut di Aliran Sungai Ciliwung, Bogor

Korban Mohamad Sadan Fadillah (12), tenggelam akibat terpeleset saat hendak berenang di sungai bersama teman-temannya sekitar pukul 14.45 WIB.

Liputan6.com, Bogor - Seorang bocah dilaporkan hanyut di aliran Sungai Ciliwung, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (6/12/2019).

Korban Mohamad Sadan Fadillah (12), tenggelam akibat terpeleset saat hendak berenang di sungai bersama teman-temannya sekitar pukul 14.45 WIB.

Kepala BPBD Kota Bogor, Juniarti Estiningsih menuturkan, Sadan dan lima temannya yang lain bermain di Lapangan Sempur. Keenam anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar ini lalu memutuskan untuk berenang Sungai Ciliwung tepat di bawah Taman Kaulinan.

"Biasanya mereka janjian untuk olahraga lari namun hari ini mereka berenang di sungai. Mulanya mereka berenang di seberang dekat bebatuan," kata Estiningsih.

Melihat teman-teman yang lainnya menyeberangi sungai lalu melompat di atas tembok penahan tebing, warga Tegal Manggah RT 01/03, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor ini pun ikut terjun.

Satu persatu mereka asyik terjun ke sungai. Giliran Sadan melompat, tiba-tiba tubuhnya tersedot pusaran arus kuat hingga tenggelam ke dasar sungai.

"Salah satu temannya yang berada di atas sempat menarik rambutnya, tapi karena pusaran cukup kuat dan beban berat jadi tidak bisa ditarik ke permukaan," kata dia.

Seluruh temannya meminta bantuan warga dan Park Ranger Taman Sempur lalu melaporkan kejadian itu ke Tim rescue BPBD Kota Bogor. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Tersangkut

Tim yang mendapat laporan kemudian meluncur ke lokasi kejadian. Setelah tiba, beberapa petugas melakukan penyisiran menggunakan perahu karet di sekitar tenggelamnya korban.

Beberapa anggota lainnya menyelam di titik lokasi hingga ke dasar sungai. Diduga, korban tersangkut di dalam palung tepat di bawah dinding penahan tebing.

"Sampai pukul 17.00 WIB, kami belum berhasil menemukan korban," kata Estiningsih.

Tim penyelamat menghentikan sementara proses pencarian terhadap bocah hilang yang dilaporkan tenggelam di Sungai Ciliwung. Petugas pun sepakat menunda pencarian.

"Proses pencarian kita hentikan dulu, kita lanjut lagi besok (hari ini). Tetapi malam ini tetap ada petugas yang memantau di sekitar lokasi kejadian," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.