Sukses

Jalur Kereta Bogor-Sukabumi Belum Bisa Dilewati Akibat Longsor

Jalur lintasan kereta api (KA) Bogor-Sukabumi, sampai saat ini belum bisa dilalui sejak Jumat (6/12/2019) malam.

Liputan6.com, Jakarta - Jalur lintasan kereta api (KA) Bogor-Sukabumi, sampai saat ini belum bisa dilalui sejak Jumat (6/12/2019) malam. Sebab landasan jalur rel mengalami longsor sepanjang 15,6 meter.

Kepala Humas PT Kereta Api (Persero) Daops I Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, jalur lintasan kereta api masih dalam perbaikan akibat longsor antara jalur stasiun Parung Kuda - Cicurug, tepatnya KM 28+2/3.

"PT KAI menetapkan untuk sementara waktu perjalanan KA lintas Sukabumi-Bogor dan sebaliknya dibatalkan pada hari ini," ujar Eva, Sabtu (7/12/2019).

Untuk memaksimalkan penanganan longsor yang berdampak pada prasarana jalur rel tersebut, PT KAI menurunkan sebanyak 200 personil untuk memperbaiki rel yang menggantung sepanjang 15,6 meter.

"Proses perbaikan dilakukan melalui kordinasi bersama PT Daop 1 Jakarta dengan Satker DJKA Kementerian Perhubungan," terang Eva.

Sejumlah perangkat material berupa pilar penyangga, bantalan kayu, rel baja untuk penguat jalur dan batu balas telah disiapkan.

Hingga siang ini pembuatan konstruksi penyangga pemadatan tanah di lokasi longsor serta pengerukan lumpur menggunakan escavator di lokasi masih berlangsung.

"Kami mengucapkan permohonan maaf atas kondisi tersebut dan mengimbau masyarakat yang akan menggunakan jasa KA Pangrango untuk beralih ke moda transportasi lain. Saat ini lintasan masih dalam perbaikan. Targetnya hari ini selesai," kata dia. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Longsor

Sebelumnya, hujan deras menyebabkan tanah landasan jalur rel kereta api Bogor-Sukabumi longsor, Jumat (6/12/2019) malam.

Longsor terjadi di antara jalur stasiun Parung Kuda-Cicurug, tepatnya KM 28+2/3 di Kampung Cicewol, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi sekitar pukul 20.00 WIB. Kondisi rel menggantung sepanjang kurang lebih 7 meter.

Pada saat kejadian, longsor tersebut tidak mengganggu perjalanan KA karena operasional kereta lokomotif terakhir telah melalui lokasi longsor.

Namun begitu, bencana longsor menyebabkan jadwal perjalanan pertama KA Pangrango dari Stasiun Sukabumi menuju Bogor mengalami gangguan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.