Sukses

Siswa asal Arab Saudi Tembak Mati 3 Orang di Pangkalan Angkatan Laut AS

Ini menjadi penembakan kedua yang terjadi di pangkalan AL AS dalam sepekan belakangan.

Liputan6.com, Pensacola - Aksi penembakan kembali terjadi di Amerika Serikat, kali ini di gedung kelas Stasiun Udara Angkatan Laut (AL), Pensacola, Florida. Peristiwa ini menewaskan empat orang dan sejumlah orang terluka.

Ini menjadi penembakan kedua yang terjadi di pangkalan AL AS dalam sepekan belakangan. Seorang pelaut yang kapal selamnya berlabuh di Pearl Harbor, Hawaii, menembaki tiga pegawai sipil, Rabu (4/12/2019). Peristiwa tersebut menewaskan dua orang sebelum pelaku bunuh diri.

BBC memberitakan, sebanyak 12 orang terluka dalam insiden teranyar, termasuk dua deputi sheriff yang merupakan orang pertama yang merespons terjadinya penembakan. Sheriff County Escambia David Morgan mengatakan salah satu deputi sheriff membunuh penembak.

Kedua deputi tersebut mengalami luka tembak di lengan dan lutut. Namun, diperkirakan keduanya akan pulih.

Kapten Timothy Kinsella Jr selaku komandang pangkalan tidak menyebut apakan penembak merupakan anggota militer. Dia juga tidak ingin berspekulasi tentang apakah penembakan itu terkait terorisme.

"Pangkalan tetap ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut. Mereka yang masih di pangkalan akan menetap di sana sampai aman untuk dievakuasi," ungkap Kinsella, dilansir AP.

Terungkap kemudian penembak merupakan salah seorang siswa berkewarganegaraan Arab Saudi yang sedang berlatih di sana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi Penting

Stasiun Udara AL Pensacola mempekerjakan lebih dari 16.000 anggota militer dan 7.400 personel sipil. Salah satu pangkalan bersejarah dan bertingkat milik AL itu membentang di sepanjang pantai barat daya pusat kota Pensacola dan mendominasi ekonomi daerah sekitarnya.

Bagian dari markas Pensacola menyerupai kampus perguruan tinggi dengan bangunan tempat 60.000 anggota AL, Marinir, Angkatan Udara, dan Penjaga Pantai menerima pelatihan setiap tahun di berbagai bidang penerbangan.

Pangkalan ini juga jadi markas tim demonstrasi penerbangan Blue Angels dan termasuk National Naval Aviation Museum, objek wisata regional yang populer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.