Sukses

BMKG: 2 Gempa Hari Ini Kembali Getarkan Maluku

Gempa pertama terjadi di Kota Ambon, Maluku pada pukul 03:16:21 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini kembali menggetarkan wilayah Maluku. Hingga pukul 19.00 WIB, setidaknya ada dua wilayah di Provinsi Maluku yang digetarkan lindu.

Informasi mengenai gempa ini dikutip Liputan6.com dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di situs resmi www.bmkg.go.id, Jumat (6/12/2019).

Gempa pertama terjadi di Kota Ambon, Maluku pada pukul 03:16:21 WIB. Untuk lindu kedua terjadi pada pukul 11:54:17 WIB.

Lindu kedua itu terjadi di kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Gempa tersebut menggetarkan dengan kekuatan magnitudo 3,3.

Berikut gempa yang terjadi pada hari ini dihimpun Liputan6.com:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ambon

Gempa pertama pada hari ini terjadi di Ambon, Maluku pada pukul 03:16:21 WIB.

Lindu tersebut berkekuatan magnitudo 2,9 dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi gempa berada pada titik 3.61 Lintang Selatan-128.34 Bujur Timur. Gempa ini berpusat 20 kilometer di darat timur laut Ambon.

3 dari 3 halaman

Kairatu

Gempa kedua yang menguncang pada hari terjadi di Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku pada pukul 11:54:17 WIB.

Pusat gempa diketahui berada di laut 42 kilometer barat daya Kairatu.

Lindu ini berkekuatan magnitudo 3,3 dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada pada titik 3.56 Lintang Selatan dan 128.04 Bujur Timur.

 

(Winda Nelfira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi