Ini Bukti Rekaman Video Ja'far Shodiq yang Diduga Menghina Ma'ruf Amin

Oleh Maria Flora pada 06 Des 2019, 08:32 WIB
Diperbarui 06 Des 2019, 08:32 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat Ja'far Shodiq Bin Sholeh Alatas berceramah di sebuah lokasi. Dalam ceramahnya, mengisahkan riwayat murid Nabi Musa yang diubah menjadi binatang lantaran menjual agama demi duniawi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (6/12/2019), dalam video tersebut Ja'far Shodiq juga menyinggung Ma'ruf Amin dan bertanya kepada jemaah yang hadir. Pertanyaan inilah yang kemudian dianggap menghina Ma'ruf Amin.

Kendati begitu, Ma'ruf memaafkan dan mendoakan Ja'far.

"Kalau tidak salah itu masih dalam rangka pilpres, itu memang kebablasan lah, itu narasi permusuhan dan kebencian, jangan diulang lagi lah yang seperti itu. Mudah-mudahan dia bisa menyadari saja dan mengubah cara bernarasi dalam menyampaikan pesan-pesan secara lebih baik," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Menanggapi hal tersebut, polisi langsung menangkap Ja'far Shodiq di rumahnya di Jalan Tipar Tengah, Mekarsari, Cimanggis, Depok. Penangkapan tersebut berdasarkan pada laporan polisi model A atau laporan yang tidak berasal dari masyarakat.

"Kita amankan seorang laki-laki yang berinisial JS, yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono.

Sebelumnya, keluarga besar Rabithah Babad Kesultanan Banten dan ulama se-Banten mendatangi Bareskrim Polri untuk melaporkan Ja'far Shodiq terkait ucapannya yang dianggap menghina Ma'ruf Amin.

Ja'far dilaporkan Pasal 207 dan 310 KUHP tentang penghinaan kepada penguasa dan menyerang kehormatan atau nama baik seseorang, dengan ancaman 1 tahun 6 bulan kurungan penjara. Dalam laporannya, mereka juga membawa transkip dan barang bukti rekaman ceramah Ja'far Shodiq.

Live Streaming

Powered by