Sukses

Nadiem Makarim Ingin Memerdekakan Mahasiswa, Seperti Apa Konsepnya?

Nadiem akan memberikan kepercayaan, kebebasan, otonomi kepada institusi pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim bertekat mengubah paradigma pendidikan.

Dia sebagai menteri pendidikan akan memberikan kepercayaan, kebebasan, otonomi kepada institusi pendidikan.

Menurut Nadiem, interpresrasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap visi presiden ada dua hal yaitu merdeka belajar dan guru pengerak.

"Kemerdekaan belajar itu apa artinya, kemerdekaan di setiap jenjang unit pendidikan. Kemerdekaan harus turun terus. Lembaga perguruan tinggi merdeka dari berbagai macam regulasi dan birokratisasi. Para pendidik dan dosen juga dimerdekakan dari briorkrasi," kata Nadiem Makarim saat memberikan sambutan di Universitas Indonesia, Rabu (4/12/2019).

Di perguruan tinggi, kata dia, yang penting mahasiswa diberikan kemerdekaan untuk belajar sesuai kemauannya, kemampuan, dan minat.

"5 tahun ke depan gak akan nyaman sama sekali untuk berbagai macam institusi pendidikan. Tapi kalau mau perguruan tinggi kita aman, relevan kita harus lakukan perubahan ini," ujar dia.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan di Luar Kampus

Nadiem mencontohkan kepada pribadinya sendiri. Dia mengaku sebagai lulusan Hubungan Internasional. Tapi kerjaan lebih condong dibidang teknologi.

"Artinya apa yang kita pelajari apapun yang kita lakukan itu sering kali hanya starting poin kita. Lalu kenapa kita tidak mengebiri kemerdekaan mahasiswa kita untuk melakukan berbagai macam hal di luar prodi di luar kelas, di luar kampus. Ini lah namanya kemerdekaan mahasiswa," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.