Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini Getarkan Kota Bitung 2 Kali

Dari dua gempa yang terjadi hari ini, dua di antaranya terjadi di satu wilayah.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini kembali terjadi di Indonesia. Hingga pukul 19.20 WIB, setidaknya ada tiga gempa yang menggetarkan Nusantara pada hari ini.

Informasi mengenai gempa ini dikutip Liputan6.com dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di www.bmkg.go.id, Selasa (3/12/2019).

Dari dua gempa yang terjadi hari ini, dua di antaranya terjadi di satu wilayah. Lindu itu menggetarkan Kota Bitung, Sulawesi Utara.

Gempa pertama di Kota Bitung ini terjadi pada pukul 17:52:24 WIB dan kemudian kembali berulang pada pukul 17:55:29 WIB.

Berikut gempa yang terjadi pada hari ini dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bitung

Gempa di Kota Bitung, Sulawesi Utara ini terjadi dua kali. Yang pertama, lindu terjadi pada pukul 17:52:24 WIB. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5 dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 113 kilometer timur laut Bitung. Lokasi gempa berada pada titik 1.5 Lintang Utara-126.14 Bujur Timur.

Selanjutnya gempa kembali terjadi pada pukul 17:55:29 WIB. Pusat gempa berada di laut 117 kilometer timur laut Bitung.

Lindu ini bermagnitudo 5,3 dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada pada titik 1.46 Lintang Utara-126.18 Bujur Timur.

 

3 dari 3 halaman

Boalemo

Selain itu, gempa juga sempat menggetarkan wilayah Boalemo, Provinsi Gorontalo. Lindu ini terjadi pada pukul 18:24:25 WIB dan berkekuatan magnitudo 4,9 dengan kedalaman 61 kilometer.

Lokasi gempa berada pada titik 0.65 Lintang Utara-122.3 Bujur Timur. Pusat gempa berada di darat 14 kilometer barat laut Boalemo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi