Sukses

Jokowi: Rencana Pemekaran Papua Masih Moratorium

Tetapi Jokowi tidak menutup kemungkinan adanya aspirasi dari beberapa pihak terkait hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi menyatakan, pihaknya saat ini masih moratorium pembentukan provinsi baru di Papua. Tetapi tidak menutup kemungkinan adanya aspirasi dari beberapa pihak terkait hal tersebut.

"Sampai saat ini, urusan pemekaran itu masih moratorium. Tetapi kalau ada aspirasi-aspirasi dari bawah, misalnya di Provinsi Papua, baik itu dari Papua Selatan, Papua Tengah, di pegunungan tengah, saya kira silakan. Namanya aspirasi dari bawah," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakata pusat, Senin (2/12/2019).

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pun sudah mengumpulkan beberapa aspirasi terkait hal tersebut. Dan hal tersebut sudah disampaikan kepada Jokowi.

"Kemarin saya mendapatkan informasi dari mendagri, bahwa aspirasi-aspirasi itu sudah disampaikan ke Mendagri," ungkap Jokowi.

Namun kata dia beberapa usulan tersebut masih dikaji oleh pemerintah. Hal tersebut kata dia untuk kebaikan Bumi Cendrawasih.

"Tentu saja ada kajian-kajian, perhitungan-perhitungan yang dalam, dalam rangka untuk kebaikan bersama, untuk kebaikan Papua," jelas Jokowi.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.