Sukses

Dirjen Imigrasi Sebut Rizieq Shihab Belum Pulang ke Tanah Air

Direktur Jenderal Imigrasi Ronny Sompie mengungkapkan, tidak ada jejak Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) di beberapa pintu masuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menegaskan, Rizieq Shihab belum pulang ke Tanah Air. Direktur Jenderal Imigrasi Ronny Sompie mengungkapkan, tidak ada jejak Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) di beberapa pintu masuk Indonesia.

"Kami mengecek ke beberapa pintu masuk, tidak ada perlintasan yang bersangkutan," ujar Ronny kepada Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Terkait video kedatangan Rizieq Shihab di sebuah bandara yang viral, dia mengungkapkan, rekaman itu terjadi beberapa tahun silam. Saat itu, video tersebut diduga direkam pada 2016.

Hal itu dilihat dari ornamen bandara yang terekam di video Rizieq Shihab yang viral tersebut.

"Video viral itu diduga direkam 2016 saat yang bersangkutan berkunjung ke Jember melalui pintu Surabaya. Itu diduga dari desain dari bandara, itu layout lama," kata Ronny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Jubir Rizieq Shihab

Sebuah video tentang Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, sedang di terminal kedatangan sebuah bandara, viral. Rizieq disebut-sebut pulang ke Tanah Air. Benarkah?

Juru Bicara Rizieq Shihab, Abdul Chair mengklarifikasi, video tersebut merupakan rekaman lama.

"Video itu di Surabaya kalau tidak salah. Sudah lama," ujar Abdul Chair saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Menurut dia, pihaknya tengah mengusahakan pemulangan Rizieq Shihab. Rizieq, kata dia, masih berada di Makkah.

"Habib Rizieq Shihab sedang diusahakan pulang ke Indonesia. Tentang kapan tibanya, kita belum tahu, sedang menunggu proses pulangnya beliau," kata Abdul Chair.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini