Sukses

Anies Buka Jakarta-Berlin Festival di Terowongan Kendal

Anies menjelaskan, Terowongan Kendal kini berubah. Dari kawasan macet kendaraan motor menjadi kawasan untuk pejalan kaki 100 persen dan pusat kesenian.

Liputan6.com, Jakarta - Terowongan Kendal, Jakarta Pusat dihiasi lampu warna-warni pada Sabtu sore (30/11/2019). Alunan musik band hingga sajian kuliner khas Jakarta dan Berlin menambah semarak terowongan yang sedang ada acara Jakarta-Berlin Festival.

Festival ini menampilkan kolaborasi seni antara seniman Jerman Snyder dan seniman mural Indonesia Darbotz.

"Jadi tahun ini kita memperingati 25 tahun sister city Jakarta-Berlin. Sejak awal tahun kita banyak kegiatan bersama, lalu sehari ini kita membuka Jakarta Berlin festival seni, ada festival performing arts, ada juga kuliner, jadi ekspresi seni budaya dari 2 kota ditampilkan di sini tempatnya di terowongan jalan Kendal," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sabtu (30/11/2019).

Anies menjelaskan, Terowongan Kendal kini berubah. Dari kawasan macet kendaraan motor menjadi kawasan untuk pejalan kaki 100 persen dan pusat kesenian.

"Di sini ada mural rutin, ada kegiatan musik. Jadi kita ingin menghidupkan ruang ruang terbuka untuk kegiatan masyarakat seni budaya, ada interaksi di situ, ada suasana kota yang hidup dan ini yang sekarang kita rayakan sore hari ini. Oh begini kalau teman-teman datang ke kampung-kampung tontonan kampung-kampung dengan modal mural," kata Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Perbanyak Ruang Terbuka Seni

Selain itu, Anies menyatakan DKI akan membangun lebih banyak ruang terbuka seni layaknya Terowongan Kendal.

"Kita akan bangun banyak tempat seperti ini, terutama di tempat orang berjalan kaki, dengan begitu sambil berjalan kaki mereka menikmati suasana yang berbeda di kota ini," kata dia.

Wali kota, kata dia, mulai 2020 ditugaskan untuk membuat banyak titik mural seperti di Terowongan Kendal.

"Ada beberapa titik, para wali kota di semua wilayah itu menentukan dan 2020 itu akan dikerjakan untuk mural yang masif, jadi para wali kota mendapat tugas untuk menentukan tempat tempatnya sekarang," Anies menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.