Sukses

Polri Minta Warga Papua Fokus Ibadah saat HUT OPM

Asep meyakini situasi di Papua kondusif jelang HUT OPM.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengimbau agar warga Papua fokus melaksanakan ibadah Minggu pada 1 Desember 2019 mendatang.

Dengan demikian, diharapkan tidak ada kelompok massa yang akan turun ke jalan untuk merayakan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember.

"Tanggal 1 Desember itu bertepatan dengan hari Minggu, dimana pada hari Minggu itu ada kegiatan rutin kaum Nasrani di Papua melaksanakan ibadah. Pemerintah Daerah terus menggelorakan semangat ibadah ini sehingga tanggal 1 Desember itu semuanya fokus untuk ibadah rutin Minggu," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Dia meyakini situasi di Papua, kata Asep, hingga saat ini masih aman dan kondusif. Asep juga mengatakan, selain terus memantau keamanan di lapangan, Polri terus memantau percakapan netizen di media sosial.

Dia juga Polri tidak memperbolehkan adanya aksi massa atau pun perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 mendatang. "Kapolda Papua sudah menyampaikan tidak ada kegiatan-kegiatan yang bersifat perayaan," kata Asep seperti dilansir dari Antara. 

Tidak diberikannya izin tersebut merupakan langkah dari Polri untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang dapat merugikan masyarakat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.