Bahaya Sengatan Tawon Vespa yang Bikin Heboh Pemalang

Bahaya Sengatan Tawon Vespa yang Bikin Heboh Pemalang

Suasana duka masih menyelimuti keluarga pasangan suami istri Waryono dan Endriyati warga Desa Kebandaran, Pemalang. Pasangan pasutri ini meninggal dunia akibat disengat tawon kepala.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (28/11/2019), nyawa Waryono dan sang istri tak tertolong meski sempat menjalani perawatan di rumah sakit selama satu malam.

Petaka bermula ketika pasangan suami istri itu pulang dari sawah melintasi area pemakaman yang tak jauh dari rumahnya. Namun, secara tiba-tiba gerombolan tawon vespa menyerbu mereka.

Serangan bertubi-tubi membuat keduanya tak berdaya dan terkulai lemah saat tiba di rumah.

Tak ingin kembali jatuhnya korban, petugas pemadam kebakaran Comal langsung membasmi satu persatu sarang tawon dengan cara dibakar. Hingga hari Rabu, sedikitnya ada sembilan sarang tawon yang berhasil dimusnahkan.

Warga diimbau untuk tak mengusik sarang tawon dan lebih baik meminta bantuan petugas pemadam kebakaran.

Tawon vespa atau tawon kepala memang dikenal ganas. Lewat sengatannya binatang ini mengeluarkan veromon, yakni sejenis zat kimia yang merangsang koloninya berdatangan dan turut menyengat target.

Jika seseorang mengalami banyak sengatan tawon, seketika akan menderita alergi berat. Racun dari sengatan secara sistemik akan merangsek dan menyebar ke seluruh pembuluh darah. Organ tubuh yang paling pertama diserang yakni paru- paru. Selanjutnya, korban mengalami gangguan nafas yang bisa berujung kematian.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, sudah delapan warga di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, meninggal dunia akibat sengatan tawon vespa atau tawon kepala.

Ringkasan

Oleh Rio Audhitama Sihombing pada 28 November 2019, 11:40 WIB

Video Terkait

Spotlights