Bukan Dicekal, Ini Alasan Rizieq Shihab Belum Kembali ke Indonesia

Oleh Devira Prastiwi pada 28 Nov 2019, 17:22 WIB
Diperbarui 28 Nov 2019, 17:22 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia kembali menegaskan tidak mencekal Rizieq Shihab untuk pulang ke Indonesia. Menurut Menko Polhukam Mahfud MD, terhambatnya kepulangan Rizieq ke Tanah Air karena selama ini dia tidak pernah melapor ke Konsulat Jenderal RI di Arab Saudi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (28/11/2019), jika Rizieq memiliki bukti pencekalan, seharusnya diserahkan ke Menteri Agama, Menko Polhukam, atau Mendagri untuk diklarifikasi.

Sebelumnya, Rizieq Shihab pernah mengunggah video yang menyatakan tak bisa pulang ke Indonesia karena dicekal pemerintah.

"Kalau tidak ada melapor laporan, lalu kita (pemerintah) turun tangan, nanti malah kita masalah. Oleh sebab itu kalau Habib Rizieq punya masalah dengan Arab Saudi, monggo silahkan. Kalau memang nanti secara formal diperlukan pemerintah turun tangan sesudah beliau kontak dengan Arab Saudi, tentu kewajiban kita untuk ikut turun tangan," kata Menko Polhukam Mahfud MD.

Sementara itu, terkait ormas Front Pembela Islam, Kemenko Polhukam juga menyatakan masih belum bisa memastikan soal perpanjangan izin ormas tersebut.

Pemerintah masih perlu mengkaji syarat yang dibutuhkan FPI untuk memperpanjang izin. Meski sebelumnya, FPI sudah membuat pernyataan tetap setia pada Pancasila, masih ada sejumlah hal yang perlu didalami Kementerian Agama.