Sukses

Bunga Bangkai Mekar Sempurna di Kawasan Air Terjun Tirai, Lampung

Untuk mencapai lokasi habitat alami bunga bangkai itu memerlukan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan darat dari Kota Bandarlampung, ibu kota Provinsi Lampung.

Liputan6.com, Jakarta - Bunga bangkai (Amorphophallus titanum), salah satu bunga raksasa langka di dunia, kini telah mekar di Kawasan Wana Wisata Air Terjun Tirai, di Desa (Pekon) Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Untuk mencapai lokasi habitat alami bunga bangkai itu memerlukan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan darat dari Kota Bandarlampung, ibu kota Provinsi Lampung.

"Alhamdulillah mekar juga bunga yang ditunggu-tunggu ini," ujar Abdul Kodir, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jaya Lestari yang mengelola Wana Wisata Air Terjun Tirai seperti dikutip dari Antara, Kamis (28/11/2019).

Bunga bangkai dekat dengan air terjun itu, sudah mekar dengan sempurna di dalam lokasi wana wisata.

Menurut Abdul Kodir, bunga ini sudah mulai mekar pada Selasa (26/11/2019) pukul 18.00 WIB, dan Rabu pagi sudah mekar seluruhnya.

"Bagi yang ingin melihat bunga ini dari dekat, silakan berkunjung ke lokasi wisata ini, karena waktu mekar hanya 3-4 hari," ujarnya berpromosi.

Petugas Pokdarwis Jaya Lestari, Selamet, terus mengawasi bunga bangkai ini siang dan malam agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Bahkan meskipun masih musim kemarau, ia tak berani menyiraminya. Apalagi menjelang mekar, perlu dijaga lebih ketat lagi.

Ia juga membuat pagar bambu untuk pembatas agar pengunjung tidak mengusik atau menyentuhnya, karena dikhawatirkan akan membusuk sebelum mekar.

Abdul Kodir membenarkan, bunga raksasa langka itu diminta jangan dipegang atau jangan disentuh. "Boleh dipandang saja sepuasmu memandang, tapi jangan disentuh, apalagi dirusak," katanya lagi.

Bunga bangkai adalah salah satu bunga langka yang dikenal memiliki kelopak bunga berukuran raksasa dibandingkan jenis bunga biasanya, serta tergolong jenis bunga langka di dunia.

Bunga bangkai itu tumbuh alami pada habitatnya di dalam kawasan areal Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Batutegi di Desa Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, di dalam kawasan wisata alam Wana Wisata Air Terjun Tirai.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terdapat Bunga yang Siap Mekar

Pengelola kawasan wisata alam itu berharap bunga bangkai itu menjadi salah satu daya tarik unggulan sehingga pengunjung berbondong-bondong datang.

"Kami akan coba jaga dan rawat bunga bangkai ini," ujar Abdul Kodir.

Uniknya, keberadaan bunga bangkai yang mekar itu tak berjauhan dari beberapa air terjun yang ada di wilayah ini, sehingga diharapkan makin mendorong dan membuat penasaran pengunjung untuk datang menyaksikannya secara langsung.

Menurutnya, di kawasan tersebut, sejak dari jalan masuk menuju Air Terjun Tirai, kerap terdapat bunga bangkai yang tumbuh alami. Bahkan, sudah ada satu calon bunga yang muncul ke permukaan tanah, tak jauh dari lokasi bunga bangkai yang telah mekar tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.