Sukses

Melongok Gamcheon Village Busan, Kampung Warna-warni yang Ingin Ditiru Jokowi

Desa ini juga dikenal dengan sebutan 'Santorini of Busan' karena pemandangannya menyerupai Pulau Santorini di Yunani.

Liputan6.com, Busan - Selain K-pop dan operasi plastiknya, Korea Selatan juga dikenal sebagai negara maju yang perkembangan ekonominya sangat pesat serta keindahan alamnya. Negara gingseng tersebut tak hanya mempunyai gedung-gedung pencakar langit, tetapi juga tempat wisata yang memanjakan mata para turis asing ataupun lokal.

Salah satunya adalah Gamcheon Village, yang terletak di Busan, Korea Selatan. Lokasi wisata ini kerap kali disebut dengan Kampung Warna-warni, mirip dengan yang ada di Malang, Jawa Timur.

Bukan hanya itu, desa ini juga dikenal dengan sebutan "Santorini of Busan" karena pemandangannya menyerupai Pulau Santorini di Yunani. Jauh sebelum dikenal, Gamcheon Village adalah perkampungan kumuh yang dihuni pengungsi saat ada perang saudara di Korea tahun 1950-an.

Namun, jika sekarang Anda bertandang ke desa tersebut, bisa dipastikan tidak ada lagi bekas-bekas bahwa dulunya Gamcheon Village adalah perkampungan kumuh. Pasalnya, sejak 2009, pemerintah Busan memutuskan untuk mengubah desa ini menjadi destinasi wisata.

Meski disebut desa atau kampung, jangan berharap akan melihat rumah-rumah tradisional Korea saat berkunjung Gamcheon Village. Sebab, lokasi wisata ini justru menyuguhkan rumah bewarna-warni yang kental dengan nilai seni.

Liputan6.com yang mengunjungi lokasi tersebut menyaksikan ratusan rumah penduduk yang dicat dengan berbagai warna berbeda. Pemandangan ini sangat memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Destinasi wisata andalan Kota Busan ini tidak hanya mengandalkan itu saja, di Gamcheon Village juga terdapat berbagai galeri seni, museum seni, hingga mural yang pas untuk dijadikan spot foto.

Ada pula kafe, kedai, penjual suvenir, toko baju, hingga penjual dagangan kaki lima yang berjejer rapi di sepanjang Gamcheon Village Busan. Destinansi wisata ini semakin membahagiakan, sebab tak dipungut biaya alias gratis.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Inspirasi Jokowi

Penataaan dan pengembangan Gamcheon Village ini pun menjadi inspirasi bagi Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Saat berkunjung ke Busan, Jokowi dan Ibu Negara Iriana menyempatkan diri mengunjungi Gamcheon Village, Minggu (24/11/2019).

Keduanya mampir di salah satu kafe yang memiliki spot sangat bagus untuk melihat kampung warna-warni. Dari lantai dua kafe itu, Jokowi langsung melihat pemandangan kampung warna-warni sambil meminum kopi dan menyantap hotteok yang adalah makanan khas Korea Selatan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap hal tersebut juga dapat ditiru oleh kampung-kampung yang ada di Indonesia. Dengan begitu, dapat meningkatkan kemampuan perekonomian masyarakat.

"Saya kira kampung-kampung kita desa-desa kita mampu membagun seperti ini, bukan sesuatu yang sulit," ucapnya.

Mantan Walikota Solo itu pun mempertimbangkan akan membuat program nasional agar desa-desa di Indonesia seperti Gamcheon Village. Dia berharap konsep desa seni itu dapat memberikan inspirasi untuk kepala daerah.

"Kampung-kampung kita bagi desa-desa kita bahwa dari yang sebelumnya kumuh tidak tertara, kemudian bisa ditata dan bisa mendatangkan peningkatan ekonomi bagi masyarakat," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.