Sukses

Bertemu Tokoh Lintas Agama, Wapres Ma'ruf Amin Sepakat Jaga Kerukunan

Dia berharap, jika ada masalah tidak menimbulkan keretakan serta perpecahan bangsa dengan adanya peran dari majelis agama.

 

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menggelar pertemuan perdana dengan perwakilan tokoh lintas agama di rumah dinasnya, Jalan Dipenogoro, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019) malam.

Dalam pertemuan tersebut terlihat beberapa perwakilan, mulai dari Imam besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar, Perwakilan MUI KH Abdullah Jaidi, dari PBNU Eman Suryana dan Muhammadiyah diwakili Mughni Syafig.

Hadir pula dari Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Agustinus Heri Wibowo, dari PGI Gomar Gultom, dari Dharma Adhyaska Umat Buddha, serta dari Hindu Dharma Wisnu Bawa Taneya.

Pertemuan digelar pada pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Sebelum melakukan pertemuan, Wapres dan para tamu yang hadir makan malam bersama.

Sementara, dalam pertemuan Ma'ruf menjelaskan bahwa mereka sepakat untuk menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

"Majelis-majelis agama akan mengawal dan menjaga supaya tidak terjadi konflik di masyarakat, di semua daerah. Bukan hanya masalah agama, tapi semua masalah yang bisa jadi potensi konflik," kata Ma'ruf usai pertemuan.

Dia berharap, jika ada masalah tidak menimbulkan keretakan serta perpecahan bangsa dengan adanya peran dari majelis agama. Sebab itu, majelis agama sepakat melakukan dialog di daerah, termasuk di Papua.

"Dengan demikian diharapkan bahwa agama justru akan jadi solusi, berkah, bukan jadi sumber perpecahan. Ini tekad yang sekarang, malam ini disepakati oleh majelis-majelis agama," ungkap Ma'ruf.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.