Sukses

Cerita Mendagri Tito Karnavian tentang Papua dan Mi Instan Rp 100 Ribu

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian memuji pembangunan jalan Trans Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian memuji pembangunan jalan Trans Papua. Sebab, dengan adanya jalan tersebut, harga kebutuhan masyarakat menjadi murah.

 

"Meng-connecting mulai dari Merauke sampai ke Boven Digoel, ke seluruh pegunungan tengah sampai nanti nembus ke Sorong. Itu kalau semua bisa di-connectivity seperti itu maka logistik akan turun," kata Tito Karnavian dalam pidatonya di Munas ke IV APPSI, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).

Mantan Kapolri itu kemudian bercerita soal pengalamannya saat bertugas di Papua. Dia mengungkapkan, saat itu, harga air mineral mencapai Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Beda dengan di Jakarta yang berkisar Rp 6.000.

"Harga-harga di sana tahu sendiri, di daerah pegunungan, Aqua yang di tempat kita Rp 5.000-6.000 di sana bisa Rp 50.000-100.000 satu botol," ucap Tito Karnavian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Mi Instan Harga Selangit

Tak hanya itu, ketika dia bertugas di Kabupaten Puncak Jaya di sekitar daerah Gome dan Ilaga yang kala itu ada konflik. Tito pun sempat menginap di sana selama seminggu dengan menu makanan mi instan.

"Nginep di sana satu minggu makanannya mantap sekali. Pagi makan Indomie rebus, telornya rebus. Siang Indomienya direbus, telurnya digoreng. Malamnya Indomienya digoreng telornya direbus. Dibolak-balik saja seminggu itu," tutur Tito Karnavian.

Menu sederhana itu, lanjut dia, dibanderol dengan harga mahal.

"Tapi harganya mahalnya minta ampun, satu bungkus indomie Rp 100.000, maka beruntunglah yang berada di daerah Barat-barat ini," tandas Tito. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.