Sukses

Sohibul Iman Persilakan PKS Solo Dukung Gibran di Pilkada

Presiden DPP PKS Sohibul Iman menyerahkan pada pengurus daerah terkait siapa yang akan diusung dalam Pilkada daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden DPP PKS Sohibul Iman menyerahkan pada pengurus daerah terkait siapa yang akan diusung dalam Pilkada daerah. Termasuk pada pengurus PKS Solo jika ingin mengusung Gibran Rakabuming di Pilwalkot Solo 2020.

"Saya sudah sampaikan dalam konteks pilkada kita berikan kebebasan ke daerah. Sampai hari ini dari Solo belum ada laporan apa-apa kepada DPP. Jadi, biar aja itu menjadi dinamika di daerah," kata Sohibul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

DPP PKS menyebut pihaknya mempersilakan DPW untuk menokohkan siapa saja sesuai dengan pertimbangan masing-masing.

"Karena kami memberi jaminan, silakan, mau berkoalisi dengan partai apa pun, mau menokohkan siapa pun, sesuai dengan suasana batin di sana," ucapnya.

Sohibul tidak secara gamblang bahwa PKS akan mengusung Gibran, ia kembali menyatakan hal itu tergantung suasana batin pengurus daerah. Namun ia belum mau berandai-andai.

"Ya silakan saja (Gibran), tergantung suasana batin mereka di sana. Begini, dari bawah itu ada syarat, mengusulkan ke DPP itu minimal dua kandidat. Nah nanti DPP yang akan memilih di antara dua itu. Kan belum tentu siapanya," jelasnya.

"Jangan berandai-andai, kita tunggu aja. Politik tidak boleh berandai-andai," tandas Sohibul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bebaskan Koalisi

Sebelumnya, PKS membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai pendukung pemerintah di Pilkada 2020. Hal itu dikatakan langsung Sekjen PKS Mustafa Kamal.

"Saya kira bisa terbuka untuk membangun komunikasi dan koalisi dengan seluruh partai yang ditingkat pusat berada di pemerintahan ataupun di luar pemerintahan. Kita terbuka semuanya," kata Mustafa di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Terkait kemungkinan nama putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk didukung PKS, dia belum bisa memastikan. Dia hanya mengatakan semua pihak yang memiliki kompetensi bisa saja didukung PKS.

"Setiap anak bangsa yang mempunya kapasitas, potensi untuk menjadi pemimpin negeri ini kita akan dorong sepenuhnya dengan satu komitmen kesamaan visi untuk membangun bangsa dan negara," ungkap Mustafa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.