Sukses

Usai Hadiri KTT ASEAN-Korea, Jokowi Jemput Bola Investasi Mobil Listrik ke Pabrik Hyundai

Hyundai dilaporkan siap menggelontorkan investasi dalam jumlah cukup besar untuk pembangunan pabrik mobil di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri sejumlah pertemuan dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Republic of Korea (RoK) Summit di Busan Selasa (26/11/2019). Adapun KTT ini merupakan peringatan 30 tahun hubungan ASEAN dengan Korea Selatan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di Busan Exhibition and Convention Center sekitar pukul 09.30 waktu setempat. KTT tersebut juga dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN.

Jokowi juga menjadi pembicara mengenai masalah connectivity dan dalam sesi membahas situasi regional. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan melakukan meninjau ASEAN-RoK start up summit dan ASEAN-RoK Innovation Showcase 2019.

Setelah itu, dia kemudian akan menghadiri jamuan santap siang bersama oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersama para pemimpin negara ASEAN di APEC Nurimaru House. Sore harinya, Jokowi diagendakan meninjau pabrik Hyundai Motor Company di Ulsan.

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan kembali ke Indonesia pada malam harinya dengan menggunakan pesawat kepresidenan-1 dari Gimhae Air Force Base, Busan, Korea Selatan.

Hyundai dilaporkan siap menggelontorkan investasi dalam jumlah cukup besar untuk pembangunan pabrik mobil di Indonesia. Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menyebut, pabrikan asal Korea Selatan itu akan membangun pabrik mobil di Karawang, Jawa Barat.

"Hyundai itu mau investasi, mungkin USD 1 miliar kira-kira. Dan sudah dapat tanahnya mereka di Karawang," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, beberapa waktu yang lalu. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Buat Pabrik

Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia, Hendrik Wiradjaja menyampaikan, jika sesuai rencana peletakan batu pertama atau groundbreaking akan dilakukan segera.

"Kalau semua berjalan lancar, tahun depan atau akhir tahun ini sudah mulai pembuatan pabrik dan diharapkan 2021 sudah bisa langsung produksi," katanya saat dijumpai di GIIAS 2019.

Dirinya menyebut, pabrik baru Hyundai ini nantinya tidak hanya untuk memenuhi pasar domestik tetapi juga untuk ekspor. Namun yang pasti, pabrik ini akan fokus dalam memproduksi mobil penumpang dan mobil listrik.

"Pabrik ini basisnya untuk kendaraan penumpang dan mobil listrik. Kemungkinan targetnya 53 persen untuk ekspor, 47 persen sisanya untuk domestik," Hendrik menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul
    Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul

    Korea Selatan