Sukses

Peringati Hari Guru Nasional, Nadiem Makarim Sampaikan Pidato Lewat Video

Upacara Peringatan HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional 2019 tahun ini sedikit berbeda dari pada tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara Peringatan HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional 2019 tahun ini sedikit berbeda dari pada tahun sebelumnya.

Jika pada periode lalu, pembina upacara menyampaikan amanatnya secara langsung ke para peserta namun kali ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan pesan kepada guru melalui rekaman video. Rekaman ditampilkan di layar besar yang disediakan oleh pihak panita.

Nadiem menyampaikan bahwa naskah pidato sudah beredar luas. Ia pun tak ingin mengulang kembali kata-kata tersebut di pidatonya hari ini.

"Saya yakin bapak dan ibu banyak yang sudah membaca naskah pidato hari guru nasional sehingga saya tidak akan mengulang di upacara ini," ujar Nadiem, Senin (24/11/2019).

Nadiem lalu mengajak peserta upacara menatap layar besar yang berada di belakangnya. Ia mengaku sudah menyiapkan sebuah video pidato di Hari Guru Nasional.

"Marilah kita menyimak video hari guru nasional," ujar dia.

Para peserta dengan antusias memperhatikan kata demi kata yang disampaikan oleh Nadiem Makariem.

Dalam video tersebut, Nadiem kembali membacakan pidato yang sudah dia tulis beberapa hari lalu.

Dalam pidato yang ditulis dalam 2 lembar kertas itu Nadiem meminta maaf lantaran pidatonya sedikit berbeda dengan pidato menteri-menteri sebelumnya.

"Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujar Nadiem Makarim di awal pidato.

Dalam teks pidato dua halaman tersebut, mantan CEO Gojek itu kemudian berbicara tentang tugas mulia menjadi seorang guru meski juga yang tersulit.

"Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan," kata Nadiem menambahkan seperti dalam teks pidato.

Nadiem Makarim juga dalam pidatonya menyebut bahwa para guru sangat ingin membantu murid-murid yang mengalami ketertinggalan di kelas. Namun apa daya, waktu sang guru habis terbuang mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

"Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan," sambung Nadiem.

Nadiem juga mengetahui betul bahwa guru ingin agar anak didiknya belajar di dunia sekitar, namun kurikulum yang padat menutup pintu peluang.

Nadiem mengetahui bahwa guru ingin berinovasi. Namun, sulit dilakukan oleh para guru.

Untuk itu, Nadiem ingin agar para guru mulai berinovasi tanpa harus menunggu perintah.

Nadiem ingin agar guru mulai mengajak anak didiknya berdiskusi, memiliki proyek bakti sosial, dan membantu murid untuk menemukan bakatnya.

"Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak," tandas Nadiem.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tema Hari Guru

Upacara dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Mendikbud 1993 1998 Wardiman Djoyonegoro, Mendikbud 2004-2009 Bambang Sudibyo, dan Wamendikbud 2011-2014 Musliar Kasim.

Upacara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional kali ini mengambil tema Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul. Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih, selanjutnya pembacaaan naskah Pancasila diikuti peserta upacara.

Ini kali pertama, Nadiem menghadiri upacara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional sejak dilantik oleh Joko Widodo pada 23 Oktober 2019 di Istana Presiden, Jakarta Pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.