Kapolda Papua Perintahkan Jajaran Tingkatkan Keamanan Jelang 1 Desember

Oleh Maria Flora pada 25 Nov 2019, 10:01 WIB
Diperbarui 25 Nov 2019, 10:01 WIB

Liputan6.com, Papua - Perintah untuk meningkatkan kewaspadaan disampaikan Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpau kepada jajarannya saat apel di halaman Polres Timika Papua, Minggu pagi. Sebab, setiap 1 dan 14 Desember, ada agenda tahunan yang kerap menimbulkan gangguan keamanan saat sejumlah pihak berupaya memperingati sebagai hari kemerdekaan bangsa Papua.

"Kita adakakan cipta kondisi, ada razia, patroli sekala besar, agar aman dan tenang," ujar Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpau," seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (25/11/2019).

Sementara, terkait salah satu pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) bernama Iris Murib yang ditangkap Kamis lalu, Kapolda Papua menyatakan terus diperiksa.

"Kita akan gali bagaimana aktivitas dia selama ini, apakah dia marah atau karena dia ada dogma-dogma. Atau ada pihak-pihak yang mencoba mempengaruhi menganggu keamanan, itu akan kita cari," ucap Waterpau.

Usai apel di kantor polisi, Kapolda Paulus Waterpauw sempat berkeliling ke sejumlah rumah warga di Kota Timika guna memastikan situasi benar-benar aman.

Setelah penangkapan Iris Murib, Paulus mendapat informasi ada oknum yang minta sumbangan kepada kepala-kepala kampung dengan alasan dari pihak keluarga Iris Murib.

Atas fenomena itu, Kapolda dengan tegas melarang. Semua pihak dilarang memberi sumbangan apapun kepada orang mengatasnamakan keluarga pentolan KKB Iris Murib.