Mulai Besok, Penerobos Jalur Sepeda Bakal Ditilang

Oleh Ady Anugrahadi pada 24 Nov 2019, 10:57 WIB
Diperbarui 24 Nov 2019, 10:57 WIB
Bandel, Pengendara Motor Masih Melintas  di Jalur Sepeda
Perbesar
Sejumlah kendaraan roda dua melintas di jalur sepeda di Cipete Raya, Jakarta, Jumat (22/11/2019). Walaupun kendaraan yang melewati jalur sepeda akan dikenai sanksi denda Rp500.000, masih banyak pengendara yang masih bandel melintas dikarenakan kepadatan arus lalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Polisi bakal menilang pengendara yang melintas di jalur sepeda. Aturan ini mulai diberlakukan pada Senin 25 November 2019.

"Mulai besok, Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan tindakan represif yustisial (penilangan) kepada pengendara yang menyerobot jalur sepeda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus dalam keterangannya, Minggu (24/11/2019).

Yusri mengatakan, sejumlah petugas akan dikerahkan untuk mengawasi 17 titik jalur sepeda yang tersedia di DKI Jakarta.

Yusri menjelaskan, 17 titik merupakan jalur sepeda yang sudah diuji coba pada 20 September hingga 19 November 2019 oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pada tahap sosialisasi, pengendara hanya dikenakan sanksi berupa teguran. Namun, kali ini pelanggar yang memasuki jalur sepeda dapat dikenakan tilang dengan menerapkan pasal 284 tentang hak utama pejalan kaki dan pasal 287 ayat (1) tentang melanggar Rambu atau Marka dalam UU no 22 tahun 2009

"Sanksi teguran sudah berakhir pada hari Minggu tgl 24 November 2019 , selanjutnya besok penegakan aturan berupa penilangan," tutup dia.

2 dari 3 halaman

Jalur Sepeda

Anies Jajal Jalur Sepeda dari Veldrome ke Balai Kota DKI Jakarta
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran melakukan test jalur sepeda dari Jakarta International Veldrome menuju Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/9/2019). Menurut Anies, dengan beralih ke sepeda ketergantungan kepada kendaraan bermotor bisa dikurangi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba jalur sepeda sejak 20 September 2019. Ada tiga fase jalur sepeda yang telah dibangun Pemprov DKI Jakarta.

Fase pertama, Jalan Pemuda sampai dengan Jalan Merdeka Selatan. Selanjutnya fase kedua yakni Jalan Jendral Sudirman, Sisingangmangaraja, Panglima Polim, dan RS Fatmawati.

Terakhir fase ketiga yaitu Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, Jalan Jatinegara Timur.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓