Sukses

Mahfud MD Ajak Masyarakat Teladani Gus Dur

Menurut Mahfud, Presiden SBY ketika itu masih menjabat Presiden menganugerahkan Gus Dur sebagai Bapak Pluralisme Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengajak masyarakat untuk meneladani sifat mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur baik dalam hubungan bernegara maupun keagamaan, demi mewujudkan persatuan bangsa.

Hal ini disampaikan Mahfud saat berkunjung ke Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

"Saya ingin membawa pesan ini ke masyarakat, saya ke sini (makam Gus Dur) mudah-mudahan memberi pesan simbolik, bahwa saya ke sini selain tradisi ahlu sunnah wal jamaah ziarah kubur orang yang dihormati, tapi juga pesan ke bangsa, dari sini disuarakan persatuan bangsa," kata Mahfud seperti dilansir dari Antara, Minggu (24/11/2019).

Ia mengatakan, ada banyak teladan yang bisa dipetik dari sosok Gus Dur. Dalam hubungan bernegara misalnya, Gus Dur adalah seorang nasionalis sejati yang cinta bangsa dan negara dengan segala pengorbanan.

"Sehingga dalam hubungan berbangsa, bernegara itu dia (Gus Dur) adalah demokrat, adalah nasionalis sejati. Bapak pluralisme yang mengutamakan kebersamaan dalam perbedaan," kata dia.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan bahwa perbedaan itu akan terjadi sepanjang masa, karena Tuhan sendiri yang menyatakan berbeda itu adalah ciptaan-Ku, dan itu dipakai Gus Dur dalam berbangsa dan bernegara.

Ia menambahkan, dalam rangka keagamaan, Gus Dur adalah sosok pejuang demokrasi Islam, yakni Islam yang ramah terhadap perbedaan (agama) lainnya, Islam yang inklusif dan itu ditunjukkan Gus Dur sampai akhir hayatnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bapak Pluralisme Indonesia

Bahkan, karena perpaduan bernegara yang beragam tersebut, Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu masih menjabat Presiden menganugerahkan Gus Dur sebagai Bapak Pluralisme Indonesia.

Mahfud juga meminta umat Islam saling menghormati dan menghargai orang lain dan tidak mudah diadu domba, termasuk ketika dikonfirmasi terkait dengan rencana kegiatan reuni alumni 212 di Jakarta, ia meminta hal itu tidak terlalu dibesarkan dan biasa saja.

Mahfud MD datang ke Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang. Ia dengan rombongan diterima oleh keluarga pengasuh pondok dan pengurus pondok di "ndalem".

Setelah dialog sebentar, rombongan lalu ziarah di makam Gus Dur, yang ada di sekitar pondok. Di makam itu, juga terdapat makam kakeknya, KH Hasyim Asy'ari, pendiri organisasi Islam Nahdlatul Ulama serta ayahandanya, KH Wahid Hasyim, yang juga tokoh nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.