Sukses

Dua Pria Diamankan Usai Ma'ruf Amin Salat Jumat di Cirebon

Dua orang yang diamankan tersebut kini masih diperiksa di Polres Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengamankan dua orang saat Festival Tajug 2019, Cirebon, Jawa Barat. Ketika itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin tengah hadir dalam acara tersebut.

Saat itu, Ma'ruf Amin tengah melaksanakan Solat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa kawasan alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon. Beberapa saat usai Solat Jumat, petugas gabungan tiba-tiba mengamankan dua orang mencurigakan di depan Masjid.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy membenarkan adanya kejadian tersebut. Dia menyebutkan, dua pria tersebut berinisial Y dan I.

"Itu juga laporan yang kami tindaklanjuti dari Dandim Kota Cirebon. Sudah diperiksa rupanya ada kesalahpahaman," kata Roland, Jumat (22/11/2019).

Dia mengatakan, dua orang tersebut merupakan salah satu peserta Festival Tajug 2019. Saat di dalam masid, kedua orang tersebut memakai kartu peserta.

Keduanya tengah mengambil momen tradisi Azan Pitu (azan tujuh) yang hanya ada di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon setiap Salat Jumat. Satu dari kedua orang yang berinisial Y diketahui non muslim.

"Keduanya ingin mengabadikan momen dengan gambar. Nah yang berisial Y itu tidak ikut Solat karena non muslim akhirnya di belakang. Dari situ menimbulkan kecurigaan petugas," kata dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Aksi Teror

Roland memastikan, tidak ada indikasi yang mengarah ke aksi teror. Sementara, Dandim 0614 Kota Cirebon Letkol Inf Herry Indriyanto mengatakan, posisi Y saat itu berada pada jarak enam saf dari Wapres Ma'ruf Amin.

"Posisi RI 2 sangat aman tidak terjadi apa-apa. Kami sudah serahkan kejadian ini kepada polisi," ujar dia.

Dari pantauan di lokasi, pelaksanaan kegiatan Festival Tajug 2019 berjalan aman dan lancar. Wapres Ma'ruf Amin dengan senang hati memberikan sambutan sekaligus membuka acara Festival Tajug 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.