Sukses

Chandra Hamzah Eks Komisioner KPK Jabat Komisaris Utama BTN

Erick mengatakan bahwa Chandra Hamzah memiliki latar belakang mumpuni di bidang hukum.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengumumkan sejumlah nama yang akan mengisi posisi penting di perusahaan pelat merah itu.

Satu di antaranya, mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra Hamzah yang menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Tabungan Negara (BTN).

"Komisaris Utama (BTN) Pak Chandra Hamzah," kata Erick Thohir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Sementara itu, Erick menyampaikan Pahala N Marsury menjadi Direktur Utama BTN. Pahala sebelumnya adalah Direktur Keuangan Pertamina (persero). Jabatan itu kini diisi oleh Emma Sri Martini yang merupakan mantan Direktur Utama Telkomsel.

Erick mengatakan bahwa Chandra Hamzah memiliki latar belakang mumpuni di bidang hukum. Untuk itulah, dirinya tertarik mengajak Chandra Hamzah bergabung di perusahaan pelat merah.

"Kita tahu di BTN sekarang ada isu-isu yang kurang baik tentu harus dilihat secara hukum, apalagi ini ujung tombak pembiayaan perumahan rakyat nasional," jelasnya.

Menurut dia, apabila masalah hukum yang membayangi BTN tersebut tak diselesaikan dengan baik, maka pembangunan fasilitas rumah akan terganggu. Terlebih, kata Erick, pemerintah dalam proses memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

"Kalau tidak sehat, tidak bagus, apalagi ke depan ada program anak-anak usia 25-35 tahun bisa mendapat akses perumahan atau PNS yang usianya muda, kita akan pindah ke ibukota baru, kalau tidak ada fasilitas rumah bagaimana?" tutur Erick.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ahok Komisaris Utama Pertamina

Sebelumnya, Erick Thohir secara resmi mengumumkan, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (persero).

Ahok akan didampingi Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin sebagai wakil komisaris utama.

"Insyaallah sudah putus dari Beliau, Pak Basuki akan jadi Komisaris Utama Pertamina. Akan didampingi Pak Wamen Budi Sadikin jadi wakil komisaris utama," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Sementara itu, Emma Sri Martini akan menjadi Direktur Keuangan Pertamina.

Emma sebelumnya adalah Dirut Telkomsel. Emma menggantikan Pahala N Marsury yang kini menjadi Dirut BTN. Sedangkan, mantan pimpinan KPK Chandra Hamzah menjadi Komisaris Utama BTN.

"Karena memang kan yang sebelumnya Pak Pahala, kan, ada tugas baru juga sebagai Dirut BTN dan Komut Pak Chandra Hamzah," jelas Erick soal jabatan Ahok dkk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.