Siapa Aminuddin Ma'ruf, Staf Khusus Milenial Jokowi?

Oleh Maria Flora pada 22 Nov 2019, 16:37 WIB
Diperbarui 24 Nov 2019, 02:14 WIB
Putri Tanjung hingga Angkie Yudistia Diangkat Jadi Staf Khusus Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Tujuh staf khusus dari kalangan milenial telah dipilih Presiden Joko Widodo atau Jokowi di halaman tengah Istana Merdeka, Kamis sore, 21 November 2019.

Selama lima tahun ke depan mereka akan membantu jalannya roda pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin hingga 2024 mendatang.

Meski muda, karier ketujuh stafsus Jokowi ini terbilang sukses di bidangnya masing-masing. Di antaranya ada Adamas Belva Syah Devara, pendiri ruang guru; Putri Tanjung selaku CEO dan Founder Creativereuneur; dan ada pula Gracia Billy Mambrasar, pemuda pendiri Yayasan Kitong Bisa.

Satu nama lagi yang kini juga menjadi sorotan publik adalah Aminuddin Ma'ruf. Siapa dia?

 

2 of 5

Pengurus PMII

Putri Tanjung hingga Angkie Yudistia Diangkat Jadi Staf Khusus Jokowi
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) usai mengenalkan staf khusus di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Staf khusus baru dari kalangan milenial yakni CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra, Perumus Gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pria kelahiran Karawang, 27 Juli 1986 ini adalah Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) periode 2014-2016. Aminuddin terpilih dalam kongres yang digelar di Jambi, pada 30 Mei sampai 10 Juni 2014.

Sebelum menjadi ketua umum PMII, Aminuddin dipercaya sebagai Ketua Biro Pemberdayaan Ekonomi.

3 of 5

Pendidikan

Putri Tanjung hingga Angkie Yudistia Diangkat Jadi Staf Khusus Jokowi
Presiden Joko Widodo mengenalkan staf khusus di Istana Merdeka, Jakarta (21/11/2019). Staf khusus baru kalangan milenial yakni Pendiri Ruang Guru Adamas Belva Syah Devara, CEO Founder Creativepreneur Putri Indahsari Tanjung, Pendiri Thisable Enterprise Angkie Yudistia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Aktif dalam berorganisasi tak menjadi penghalang bagi pria kelahiran Karawang ini untuk menimba ilmu setinggi langit.

Kader PMII yang diusung oleh cabang Jakarta Timur ini berhasil menyelesaikan pendidikan SI-nya di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sementara, S2-nya dilanjutkan di Universitas Trisakti Jakarta.

Setelah tak lagi menjadi Ketua PMII, Aminuddin Ma'ruf pernah didapuk menjadi Sekretaris Jenderal Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) dalam pemilihan umum Presiden Indonesia 2019.

4 of 5

Staf Khusus Presiden 2019

Putri Tanjung hingga Angkie Yudistia Diangkat Jadi Staf Khusus Jokowi
Presiden Joko Widodo mengenalkan staf khusus di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Staf khusus baru dari kalangan milenial yakni CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra, Perumus Gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dan kini di tahun 2019, Aminuddin dipilih Presiden Jokowi untuk menjadi salah satu staf khususnya bersama keenam anak muda berprestasi dari kalangan milenial lainnya.

"Akan jadi teman diskusi saya, harian, mingguan, bulanan, memberikan gagasan segar yang inovatif, sehingga kita bisa mencari cara baru, cara cara yang out of the box, yang melompat untuk kejar kemajuan negara kita," kata Jokowi.

Dia pun meyakini dengan gagasan-gagasan segar serta kreatif yang diberikan selama lima tahun ke depan akan membawa sebuah perubahan yang baik dalam pemerintahan.

5 of 5

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by