Sukses

Mendagri Akan Buat Aturan Pemasangan CCTV di Seluruh Daerah

Usulan pemasangan CCTV di setiap daerah berangkat dari pengalamannya sewaktu menjadi Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengusulkan sekaligus meminta setiap daerah di Indonesia memiliki koneksi kamera pengawas atau CCTV. Dia pun berencana membuat aturan agar setiap daerah memiliki konektivitas CCTV.

Hal itu disampaikan Tito Karnavian saat memberikan sambutan dalam acara pemberian penghargaan Swasti/Saba Kabupaten dan Kota 2019 di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

"Saya minta tolong kepada bapak-bapak, terutama di perkotaan kalau bisa dibuat. Saya nanti akan bicara juga secara internal untuk menyusun peraturannya," kata Tito.

Usulan ini berangkat dari pengalamannya sebagai Kapolri. Keberadaan CCTV dinilai penting. Bukan hanya untuk digunakan memonitor masalah keamanan semata.

"Tapi juga masalah ketertiban lalu lintas, kelancaran lalu lintas, kebersihan, konflik, masalah ada ribut-ribut dan lainnya," ucap Tito Karnavian.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat CCTV

CCTV juga bisa digunakan untuk memantau kebersihan daerah. Dia melanjutkan, jika terjadi konflik atau perselisihan, bisa langsung direspons setelah melihat CCTV. Sehingga tak perlu menunggu laporan.

"Bisa lihat tempat mana yang kotor, tempat mana yang jorok. Apalagi kalau ribut-ribut. Kemarin, seperti di depan Bawaslu biru, di DPR/MPR kami sangat terbantu sekali. Kita harus memanfaatkan teknologi," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.