Sukses

Intip 5 Persiapan Menghadapi Musim Hujan ala BMKG

BMKG memprediksi musim hujan tahun ini akan mundur 10-30 hari dari waktu normalnya.

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan hingga saat ini belum datang, kemarau pun berkepanjangan. Padahal seharusnya, November ini Indonesia sudah memasuki musim hujan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati bahkan sudah menyampaikan, awal musim hujan diprediksi mundur 10-30 hari dari normalnya.

Meski begitu, rupanya ada beberapa wilayah di Nusantara yang sudah disambangi oleh hujan. Intensitas hujan di beberapa daerah mulai naik dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Menghadapi musim hujan yang segera datang, BMKG memberikan tips melalui akun Istagram @infobmkg yang dikutip Liputan6.com, Rabu (20/11/2019).

"Beberapa wilayah Indonesia saat ini telah mengalami peningkatan curah hujan signifikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Sebagai contoh, berdasarkan hasil pengamatan curah hujan bulanan di Stasiun Meteorologi Cut Nyak Dhien Aceh, curah hujan bulanan pada bulan Oktober naik hampir 40% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yakni sebesar 689.9 mm*). *) : data diperoleh dari Climate Data Management System (CMDS) BMKG

#InfoBMKG #PrakiraanCuaca #marikenalicuaca -pws," tulis BMKG.

Berikut 5 persiapan menghadapi musim hujan yang disampaikan BMKG:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ganti Genting

Saatnya mengganti genting rumah yang retak. Rasanya kurang enak kalau pas musim hujan atap pada bocor, kan?

3 dari 6 halaman

2. Bersihkan Saluran Air

Punya banyak pohon di sekeliling rumah? Coba bersihkan saluran pembuangan atau talang air dari darun-daun atau sampah-sampah supaya tidak mampat.

 

4 dari 6 halaman

3. Cadangan Listrik

Kilat atau petir dapat membuat suplai listrik terputus. Tidak ada salahnya untuk siapkan sumber listrik cadangan.

5 dari 6 halaman

4. Kenali Bencana

Kenali lebih dalam terkait potensi kebencanaan di wilayah masing-masing agar kita dapat lebih siap jika sewaktu-waktu bencana terjadi.

6 dari 6 halaman

5. Update BMKG

Bekali diri dengan selalu meng-update informasi terkini terkait cuaca melalui portal resmi BMKG.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.