Sukses

Jelang HUT OPM, Polisi Waspadai 4 Wilayah di Papua Ini

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan pihaknya mewaspadai keamanan di empat kota jelang HUT OPM pada 1 Desember 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan pihaknya mewaspadai keamanan di empat kota jelang HUT OPM pada 1 Desember 2019. Keempat kota itu adalah Jayapura, Sentani, Wamena dan Timika. Apalagi, sudah terdengar informasi pergerakan dari kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) Papua akan turun gunung.

"Tanggal 1 Desember merupakan HUT OPM (Organisai Papua Merdeka), organisasi yang ingin memisahkan Papua dari NKRI," kata Waterpauw seperti dikutip dari Antara di Jayapura, Senin (18/11/2019).

Dia mengatakan, khusus untuk Timika dimana ada PT. Freeport pihaknya berupaya melakukan pengamanan secara maksimal mengingat ada ancaman dari KKSB yang akan mengganggu operasional perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia.

Menurut Kapolda, laporan yang diterima terungkap bahwa KKSB dari berbagai wilayah di kawasan pegunungan tengah saat ini sudah berjalan kaki mendekati wilayah pertambangan.

"Memang ada laporan KKB sudah berada di sekitar operasional PT. Freeport sehingga anggota diminta terus meningkatkan kewaspadaan," kata mantan Kapolda Sumut itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komuniksi dengan Tokoh Agama

Tim satgas khusus yang dibentuk untuk menangani KKB, kata dia, saat ini terus bekerja, termasuk melakukan komunikasi intensif dengan tokoh masyarakat dan agama melalui FKUB agar masyarakat tidak mudah terprovokasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • opm
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">OPM mengandung Omeprazole.&nbsp;OPM merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut tertentu dan masalah kerongkongan.&nbsp

    OPM

  • Papua