Sukses

Resmikan Popnas XV/2019, Menpora Ajak Para Atlet Junjung Tinggi Sportivitas

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Pekan Olahraga Palajar Nasional (Popnas) XV/2019 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11) malam.

Liputan6.com, Jakarta Pembukaan Pekan Olahraga Palajar Nasional (Popnas) XV/2019 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11) malam berlangsung meriah. Setelah membuka acara Popnas, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kemudian menerima api abadi Popnas dari atlet ASEAN Schools Games 2019.

Pengenalan maskot menjadi awal kegiatan seterusnya dilanjutkan dengan parade defile peserta 34 provinsi. Selain itu, juga ada pertunjukan seni hingga tarian.
 
Pada sambutannya, Menpora mengapresiasi penyelenggaraan Popnas bisa terlaksana atas kerjasama jajaran Kemenpora yang bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Jawa Barat. 
 
“Selamat malam, salam olahraga. Terima kasih Popnas di Jakarta bisa dimulai. Dengan waktu yang singkat, dan sinergitas yang baik, Popnas bisa dilaksanakan. Saat defile tadi, hadir semua 34 provinsi. Keterlibatan dan sinergitas antara pemerintah pusat dengan daerah sangat luar biasa, ini harus dikembangkan. Saya kira ini bagus ya sinergi,” kata Menpora. 

Kepada atlet, Menpora berpesan agar dalam pertandingan bermain dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi sportivitas. Untuk wasit, Menpora juga mengingatkan agar berlaku adil dan tidak curang. 

“Untuk atlet, bermainlah dengan semangat yang tinggi, menjunjung tinggi nilai sportivitas. Untuk wasit, pimpin pertandingan dengan adil, ikuti aturan yang berlaku. Saya berpesan, melalui Popnas ini, jalinlah silaturahmi dan jaga kekompakan,” pesan Menpora.

Selanjutnya, acara dilanjut dengan penyalaan obor sebagai simbol telah dibukanya Popnas 2019. Obor dibawa oleh atlet ASEAN Schools Games 2019. Lalu, atlet menyerahkan obor tersebut kepada Menpora seterusnya api disulutkan ke sebuah tempat yang telah disediakan. Pembukaan Popnas semakin meriah setelah adanya pesta kembang api di panggung acara. 

Popnas 2019 kali ini berlangsung hingga 25 November. Event ini diikuti 3.653 orang dengan rincian 2.631 atlet, 667 pelatih, dan 355 ofisial. Adapun event ini mempertandingkan sebanyak 13 cabang olahraga. 

Diantaranya; atletik, angkat besi, bulutangkis, bola voli pasir, dayung, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, sepak takraw, taekwondo, dan tarung derajat. Hadir dalam kesempatan ini, Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto beserta jajaran para pejabat di Kemenpora, serta tamu undangan lainnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini