Sukses

Korban Penggusuran Sunter Menolak Direlokasi ke Rusun

Warga berharap tidak dipindahkan dan dibiarkan membangun kembali tempat tinggalnya seperti semula.

Liputan6.com, Jakarta - Korban penggusuran di Jalan Agung Perkasa VIII, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, menolak direlokasi ke rumah susun (rusun). Pasalnya, solusi tersebut dinilai tidak mendukung mata pencaharian mereka sehari-hari.

"Kalau pun direlokasi ke rusun kami tidak mau. Kami kan bukan orang kantoran. Kami susah dagang," tutur salah satu warga, Hasan di lokasi, Minggu (17/11/2019).

Hasan bersama istri dan tiga anaknya kecewa dengan pemerintah. "Kami kayak binatang saja pak. Sudah dihancurkan (tempat) tinggal kami," jelas dia.

Usai digusur, lanjutnya, tidak ada solusi sama sekali yang sampai pada mereka dari pemerintah. Justru, warga yang masih bertahan diminta untuk meninggalkan tempat seminggu usai penggusuran.

"Kemarin mau digoyang (bongkar) tapi warga melawan. (Akhirnya) tidak jadi," kata Hasan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesulitan Air Bersih

Hasan dan warga lainnya berharap tidak dipindahkan dan dibiarkan membangun kembali tempat tinggalnya seperti semula. Mereka akan tetap bertahan di lokasi tanpa batas waktu yang ditentukan.

Bersama keluarganya, Hasan juga bingung hendak ke mana. Dia membangun gubuk ala kadarnya di sekitar lokasi penggusuran. Dampaknya, mereka kesulitan mengakses sanitasi dan air bersih.

"Kami jadi susah sholat. Udah berapa dosanya. Biasa tiap malam Jumat Yasinan jadi tidak," Hasan menandaskan.

Sebelumnya, warga yang tinggal di Jalan Agung Perkasa VIII, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara mengalami penggusuran pada Kamis (14/11/2019). Mereka yang digusur sampai saat ini masih bertahan sampai waktu yang tidak diprediksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.