Sukses

Ma'ruf Amin: Sudahi Narasi Konflik

Ma'ruf Amin mengatakan bahwa kerukunan umat beragama merupakan unsur utama kerukunan nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak lagi membuat narasi-narasi konflik yang dapat menimbulkan perbedaan. Dia ingin agar masyarakat memulai untuk membangun narasi tentang kerukunan.

"Seperti tadi saya katakan, mari kita bangun narasi-narasi kerukunan, kita sudahi narasi-narasi konflik," kata Ma'ruf usai mengikuti jalan santai di Sarinah Jakarta, Minggu (17/11/2019).

Dia mengingatkan agar para ustaz, pendakwah atau tokoh lintas untuk menghindari narasi yang memicu permusahan antar masyarakat Indonesia. Ma'ruf Amin tak ingin ke depannya terjadi kembali konflik di Indonesia.

"Khutbah di masjid, dalam ceramah-ceramah, kita hindarilah narasi yang membuat permusuhan, rasa saling membantu. Narasi-narasi yang seperti itu yang harus kita bangun ke depan," jelasnya.

Ma'ruf mengatakan bahwa kerukunan umat beragama merupakan unsur utama kerukunan nasional. Terlebih, Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya memiliki berbagai agama.

"Kita memiliki pemeluk agama majemuk, karena itu kita mesti menjaga bersama sama," ucapnya.

Ketua MUI nonaktif itu mengikuti jalan santai lintas agama yang diselenggarakan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar. Ma'ruf sendiri ditemani oleh istrinya, Wury Estu Handayani beserta sang cucu. Para tokoh lintas agama juga hadir dalam acara ini.

"Saya tidak pernah merasa berbahagia, seperti hari ini. (Acara ini) biayanya mudah, tetapi manfaatnya besar," tutur Ma'ruf Amin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.