Gempa Maluku Utara, Kerusakan Terparah di Kecamatan Pulau Batang Dua

Oleh Maria Flora pada 16 Nov 2019, 08:53 WIB
Diperbarui 16 Nov 2019, 08:53 WIB

Fokus, Maluku Utara - Pascagempa magnitudo 7,1 mengguncang pada Jumat dini hari kemarin, belasan rumah warga di Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara, kini rusak parah.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, kerusakan rumah warga dan fasilitas umum terparah terjadi di tiga kelurahan di Kecamatan Pulau Batang Dua, yakni Kelurahan Lelewi, Kelurahan Mayau, dan Kelurahan Bido.

Gempa juga mengakibatkan dua orang terluka karena tertimpa reruntuhan bangunan. Di luar itu beberapa warga memilih mengungsi, namun tidak dalam jumlah besar.

"Dari laporan yang kami dapat, tidak terjadi pengungsian yang permanen, hanya karena peringatan dini tsunami dan kemudian mencari tempat yang aman," kata petugas BPBD Ternate Mansur P Mahli, Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (16/11/2019)

Hingga Jumat kemarin, pihak BPBD Kota Ternate belum mengeluarkan status tanggap darurat bencana bagi daerah ini. Namun, BPBD menyatakan akan terus memantau perkembangan situasinya.