Sukses

Menyambut Adik Jan Ethes, Begini Persiapan Keluarga Jokowi

Tepat hari ini, Jumat (15/11/2019), sang menantu Selvi Ananda diperkirakan akan memberi cucu kedua bagi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagian kini tengah menyelimuti keluarga besar Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Tepat hari ini, Jumat (15/11/2019), sang menantu Selvi Ananda diperkirakan akan memberi cucu ketiga bagi Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Iriana yang sempat ditemui di RS PKU Muhammadiyah Solo mengungkapkan kondisi Selvi terkini yang akan segera melakukan persalinan. Terselip permohonan doa bagi sang menantu agar diberi kelancaran. 

"Ini belum (persalinan, red), masih nunggu dulu," kata Iriana jelang kelahiran adik Jan Ethes di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (15/11/2019).

Terkait apakah ibu dari Jan Ethes ini akan melahirkan normal atau cesar, masih dirahasiakan.

Berikut ini sederet persiapaan keluarga Jokowi saat menyambut anak kedua dari Selvi dan Gibran Rakabuming: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dibantu Tim Dokter Kepresidenan

Menantu Presiden Joko Widodo, Selvi Ananda, akan melahirkan anak keduanya. Proses persalinannya ditangani tim dokter RS PKU Muhammadiyah Solo dibantu tim dokter kepresidenan, sama ketika Jan Ethes lahir pada 2016.

"Tim dokter yang menangani masih sama dengan saat Jan Ethes lahir. Salah satu tim dokter tersebut dr Soffin Arfian. Nanti masih dibantu tim dokter Kepresidenan," ujar Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Solo, Mardiyanto, Jumat (15/11/2019).

Dia menambahkan, bantuan tim dokter kepresidenan dilakukan sesuai prosedur penanganan keluarga Presiden. Kendati demikian, ia mengaku belum mengetahui kapan persalinan Selvi akan dilakukan. Apakah dengan proses normal atau operasi cesar.

"Saya belum tahu, kalau itu tergantung indikasi, setiap menit kan bisa berubah," jelasnya.

Dia menambahkan, Selvi Ananda sudah berada di dalam RS PKU sejak pukul 09.15 WIB. Dia ditemani oleh Gibran dan Ibu Negara, Iriana Jokowi. Mereka masuk melalui pintu utara RS PKU di Jalan Yosodipuro.

3 dari 6 halaman

RS PKU Muhammadiyah Disterilkan

RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah menjadi tempat bagi anak kedua pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda yang akan segera dilahirkan. 

Sebelumnya, berdasarkan informasi adik Jan Ethes Srinarendra akan lahir pertengahan November 2019. 

Pantauan Liputan6.com, Jumat (15/11/2019), penjagaan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta pun diperketat. Sejumlah anggota Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) tampak berjaga di sejumlah akses masuk menuju bangunan rumah sakit.

Selain Paspampres, sejumlah anggota polisi dan TNI berjaga di jalan menuju rumah sakit jelang kelahiran adik Jan Ethes. Tak hanya itu, anggota Saptol PP Solo pun ikut berjaga. Mereka menjaga di sejumlah jalan gang di sekitar kawasan rumah sakit.

Sementara itu, di gang sebelah barat rumah sakit terlihat satu unit kendaraan panser disiagakan. Mereka telah berjaga sejak Jumat pagi.

Juru parkir di depan RS PKU Muhammadiyah Solo, Imelda mengatakan proses sterilisasi di halaman depan rumah sakit berlangsung sejak pukul 08.00 WIB. Mulai saat itu area parkir mobil di depan rumah sakit dibatasi.

4 dari 6 halaman

Cesar atau Normal?

Sementara itu, Selvi sempat mengatakan, proses kelahiran anak keduanya akan dibantu dr Soffin Arfian. Terkait nama anak keduanya, Selvi mengaku sudah disiapkan.

"Kalau nama, bapaknya yang nyiapin," kata Selvi beberapa waktu lalu.

Menurut rencana, kelahiran Selvi akan memilih dengan cara operasi cesar. Mengingat pada kelahiran Jan Ethes, 3 tahun lalu juga melalui cesar.

5 dari 6 halaman

Gibran Siapkan Nama

Perlu diketahui, adik Jan Ethes yang akan segera lahir berjenis kelamin perempuan. Terkait hal ini, Gibran mengaku dirinya telah mempersiapkan nama untuk anak keduanya. Namun, putra sulung Jokowi ini belum mau mengungkapkan nama tersebut.

Ditemui usai acara diskusi bisnis di The Sunan Hotel Solo, Selasa malam, 12 November 2019, Gibran menuturkan, putrinya akan lahir tak lama lagi.

Untuk itu, dia mengaku telah mengurangi aktivitas ke luar kota. Sehingga selama dua pekan ke depan dirinya hanya akan beraktivitas di sekitar Kota Solo saja.

Pada kesempatan sebelumnya, Selvi mengaku sudah mempersiapkan persalinannya. Ucapan Selvi disampaikan saat menghadiri Festival Jajanan Tradisional di The Sunan Hotel Solo, Selasa (29/10/2019) lalu.

"Persiapannya sudah kita lakukan semua. HPL-nya (Hari Perkiraan Lahir) pertengahan November, minta doanya saja," ujar penyandang gelar Putri 2010 tersebut.

6 dari 6 halaman

Iriana Mendampingi

Iriana Jokowi mendatangi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah pada Jumat siang (15/11/2019). Kedatangan Iriana untuk mendampingi menantunya, Selvi Ananda yang akan melahirkan anak keduanya.

Ibu Negara Iriana Jokowi mengunjungi kembali RS PKU Muhammadiyah sekitar pukul 13.30 WIB. Iriana yang turun dari mobil Toyota Alphard itu langsung berjalan masuk ke rumah sakit melalui pintu depan.

Saat datang mengantar Selvi Ananda ke RS PKU Muhammadiyah Solo pada Jumat pagi tadi, dia datang melalui pintu belakang.

Menurut Iriana, saat ini Selvi Ananda masih menunggu untuk proses kelahiran anak keduanya. Ia pun berlum berani memastikan apakah proses kelahiran cucu ketiganya itu melalui operasi sesar ataupun normal.

"Ini masih menungu dulu. (Lahir melalui proses operasi sesar atau normal) nanti dilihat dulu. Sedangkan kondisinya (Selvi) sehat, alhamdulillah," ucap Iriana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.