Sukses

Ini 5 Jabatan yang Kini Diisi Perwira Tinggi Bintang Tiga

Penambahan posisi bintang tiga itu adalah untuk menduduki jabatan yang saat ini diisi oleh perwira tinggi berbintang dua.

Liputan6.com, Jakarta - Rencananya, pemerintah bakal menambah posisi bintang tiga di tubuh TNI dan Polri. Saat ini, proses tersebut tengah digodok oleh pemerintah untuk menambah jabatan perwira tinggi di tubuh TNI dan Polri.

Penambahan posisi bintang tiga itu adalah untuk menduduki jabatan yang saat ini diisi oleh mereka yang berbintang dua.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo.

"TNI, bintang 3 tambah, bintang 2 tambah, saya sekarang kaji bagaimana untuk Kopassus, Marinir, Paskhas, yang jumlahnya (anggota) di bawah Kostrad, kalau di Kepolisian nanti akan menambah 1 (posisi) untuk bintang 3, dan untuk 4 posisi bintang 2, tetapi itu sedang kami bahas dan kaji," ujar Tjahjo Kumolo, Rabu, 13 November 2019.

Berikut posisi-posisi strategis yang pernah dijabat oleh jenderal bintang dua tapi kini dijabat jenderal bintang tiga:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Komandan Korps Brimob

Komandan Korps Brimob sempat dijabat Kombes, Brigjen, Kolonel, dan Irjen. Kini, jabatan Komandan Brimob bakal diisi oleh perwira berpangkat Komjen (komisaris jenderal) atau bintang tiga.

Komandan Brimob berpangkat Kombes dijabat dari 1945 sampai 1965. Kemudian, kenaikan pangkat Komandan Korps Brimob dari Kombes menjadi Brigjen mulai dilakukan pada 1965 di era akhir kepemimpinan Presiden Soekarno.

Pangkat Komandan Brimob kembali berubah dari 2002 hingga 2019 atau dari era kepemimpinan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri hingga Presiden kedelapan RI Joko Widodo. Pada 2002, pangkat Komandan Brimob dinaikkan dari Brigjen menjadi Irjen.

Di periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi, rencananya pangkat Komandan Brimob bakal dinaikan satu tingkat dari Irjen menjadi Komjen. Hal itu diakui MenPANRB Tjahjo Kumolo.

 

3 dari 6 halaman

Kepala RSPAD Gatot Soebroto

Jabatan Kepala RSPAD Gatot Soebroto juga akan diisi oleh pangkat bintang tiga atau Letjen. Sebelumnya, jabatan Kepala RSPAD Gatot Soebroto diduduki perwira tinggi (pati) TNI berpangkat Mayjen.

Lalu ke depan rencananya bakal diduduki pati dengan bintang tiga di pundak alias Letnan Jenderal (Letjen).

Dahulu, Kepala RSPAD Gatot Soebroto dijabat pangkat Letkol pada 1950 sampai 1959. Kemudian pada 1959, pangkat kepala RSPAD naik menjadi Kolonel.

Dan pada 1972, Kepala RSPAD dijabat oleh Brigjen. Hingga pada 1973 sampai 1977, Kepala RSPAD dijabat oleh Kolonel.

Kepala RSPAD kemudian naik jadi bintang dua alias Mayjen pada 2015. Akhirnya, pada 2019, rencananya Kepala RSPAD akan diisi oleh pangkat bintang tiga alias Letnan Jenderal.

 

4 dari 6 halaman

Komandan Pusat Polisi Militer TNI

Saat ini Pusat Polisi Militer TNI dijabat oleh Perwira Tinggi TNI bintang dua (Mayjen). Sebelumnya Komandan Pusat Polisi Militer TNI atau Danpuspom TNI sempat dikenal dengan Staf Khusus POM TNI.

Jabatan Danpuspom TNI mulai ada sejak Mei 2015. Kala itu yang menjabat adalah Mayjen TNI Mayor Jenderal TNI Maliki Mift sampai Desember 2015.

Setelah masa jabatan Mayjen TNI Maliki Mift habis, kemudian digantikan oleh Mayjen TNI Dodik Wijanarko (2015-2017). Kini, jabatan Danpuspom TNI masih diisi oleh Mayjen TNI Dedy Iswanto (2017-saat ini).

 

5 dari 6 halaman

Kepala BNPT

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sempat dijabat oleh jenderal polisi bintang dua atau Irjen.

Namun, pangkat perwira polisi yang menjabat Kepala BNPT dinaikkan menjadi bintang tiga atau Komjen sejak era Saud Usman Nasution.

Kepala BNPT pertama dijabat oleh Irjen Pol Ansyaad Mbai (2010-2014). Kemudian pada 2014-2016, Kepala BNPT dijabat oleh Komjen Pol Saud Usman Nasution.

Usai masa jabatan Komjen Pol Saud Usman Nasution habis, digantikan oleh Komjen Pol Tito Karnavian pada 2016. Setelah itu, digantikan oleh Komjen Pol Suhardi Alius pada 2016 hingga saat ini.

 

6 dari 6 halaman

Kepala BNPB

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga sempat diemban oleh perwira TNI dengan pangkat bintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen). Kini pangkat Kepala BNPB sudah dinaikan menjadi bintang tiga atau letnan jenderal (Letjen).

Jabatan kepala BNPB mulai demban oleh Mayor Jenderal TNI (Purn) Syamsul Maarif pada Mei 2008-September 2015. Kemudian Laksamana Muda TNI (Purn) Willem Rampangilei (2015-2019). Saat ini, Kepala BNPB dijabat oleh Letnan Jenderal TNI Doni Monardo (2019-saat ini).

 

Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Sumber : Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.