Mengungkap Makna Pelukan Jokowi - Surya Paloh dan Sohibul Iman

Oleh Muhammad Ali pada 12 Nov 2019, 10:10 WIB
Diperbarui 12 Nov 2019, 12:16 WIB
Surya Paloh Sambut Jokowi di HUT Nasdem

Liputan6.com, Jakarta - Puncak HUT Partai Nasdem diwarnai dengan rangkulan antara Surya Paloh dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Momen itu pun menyedot perhatian setelah sindiran Jokowi mencuat terkait rangkulan Surya Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Iman.

Menurut Jokowi, rangkulan antarpemimpin sangat diperlukan. Ini sebagai simbol adanya silaturahmi yang erat.

"Rangkulan, pelukan, salaman di antara para pemimpin adalah sebentuk silaturahmi, senantiasa memperteguh komitmen kebangsaan, kenegaraan, persaudaraan, persatuan, kerukunan. Kenapa tidak?" tulis Jokowi dalam akun Twitternya, Selasa (12/11/2019).

Rangkulan antara Jokowi dengan Surya Paloh juga mendapat tanggapan dari Presiden PKS Sohibul Iman. Ia mengungkapkan dalam kesempatan yang sama juga berangkulan dengan Jokowi.

"Tadi malam Pak @jokowi berhasil menunaikan niatnya tuk "berangkulan mesra" dg bang SP di acara Kongres ke-8 n Milad ke-2 Partai Nasdem. Di tempat yg sama saya jg sempat cipika cipiki dg presiden @jokowi, bang SP, n pak JK. Tentu dg bu Mega n mbak Puan tdk sampai cipika cipiki," tulis Sohibul dalam akun Twitternya.

2 of 3

Urusan Kecemburuan

Surya Paloh Sambut Jokowi di HUT Nasdem
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kiri) didampingi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kanan) memberi keterangan saat menghadiri perayaan ulang tahun ke-8 Partai Nasdem di JIExpo, Jakarta, Senin (11/11/2019). Surya Paloh menyambut langsung kedatangan Jokowi di HUT Nasdem. (Liputan6.com/Angga Yunia

Presiden Jokowi memberi sambutan acara puncak ulang tahun ke-8 Partai NasDem di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019). 

Dalam pidatonya, Jokowi menyinggung ihwal pelukan Surya Paloh dan Presiden PKS Sohibul Iman saat keduanya bertemu beberapa waktu lalu. Jokowi mengaku cemburu dengan kejadian itu.

"Urusan rangkulan, Bang Surya dan Pak Sohibul Iman itu masalah kecemburuan. Karena saya emang enggak pernah dirangkul seerat itu,” ucap Jokowi disambut riuh suara para peserta yang hadir.

Jokowi pun mengaku setelah acara akan memeluk Surya Paloh lebih erat daripada pelukan Sohibul Iman.

"Setelah sambutan, saya akan memeluk lebih erat dari pelukan Beliau kepada Pak Sohibul Iman," ucap dia.

Usai berbicara di panggung, Jokowi pun langsung memeluk Surya Paloh dan diikuti tepuk tangan bergemuruh para kader Nasdem.

Selama sekitar empat atau lima detik keduanya berpelukan, kemudian kembali duduk di tempatnya masing-masing.

3 of 3

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by