Sukses

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Maluku Utara Pagi Ini

BMKG memperingatkan adanya potensi gempa susulan di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 mengguncang wilayah Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, Selasa (12/11/2019). Gempa terjadi sekitar pukul 06.41 WIB atau 07.41 Wita. 

Titik gempa berada di 66 km barat laut Kecamatan Jailolo, Maluku Utara dengan koordinat 1.38 lintang utara (LU) dan 126.96 bujur timur (BT).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa yang berada di laut dengan kedalaman 83 km itu tidak berpotensi tsunami.

Kendati begitu, BMKG mengingatkan adanya potensi gempa susulan. "Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG di situs resminya, warning.bmkg.go.id.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Laporan Dampak Gempa

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan terkait dampak yang ditimbulkan akibat gempa berkekuatan magnitudo 5,9 yang mengguncang kawasan Halmahera Barat, Maluku Utara itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.