Geger Pembongkaran 25 Makam di Pemakaman Umum Tasikmalaya

Oleh Devira Prastiwi pada 11 Nov 2019, 13:13 WIB
Diperbarui 12 Nov 2019, 10:39 WIB

Patroli Indosiar, Tasikmalaya - Pemakaman di Desa Pakemitan, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat membuat geger karena diduga ada yang membongkar sejumlah makam. Polisi kesulitan menemukan motif dan pelaku lantaran tak ada saksi yang melihat.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin 11/11/2019), pemakaman umum di Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat hingga kini masih menjadi sorotan warga.

Sejumlah orang masih terus mendatangi lokasi untuk memastikan kondisi makam yang dikabarkan ada yang membongkar.

Sejak hari Jumat, 8 November 2019, didapati sekitar 25 makam kondisinya rusak. Tanah yang menimbun makam telah tergali di posisi yang sama, yaitu di bagian kepala jenazah.

Penggalian tanah makam tidak terlalu dalam hanya sekitar 0,5 meter sehingga tidak sampai terlihat jenazah yang terkubur.  

Kejadian tersebut menimbulkan berbagai isu yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Untuk menjaga ketenangan masyarakat, Polres Tasikmalaya telah menerjunkan tim untuk menyelidiki kasus tersebut.

"Sementara masih kita dalami motifnya, kemudian kesulitannya sampai saat ini belum ada saksi yang melihat, nanti mungkin akan kita kembangkan mencari saksi-saksi atau pun petunjuk-petunjuk lain di luar saksi tersebut," ujar Kapolres Tasikmalaya AKBP Doni Eka.

Orang yang dengan sengaja membongkar makam bisa dijerat sanksi pasal tentang perusakan dengan ancaman hukuman satu tahun empat bulan.