Alasan Kenapa Kini Ke Kepulauan Seribu Makin Cepat

Oleh Gilar Ramdhani pada 11 Nov 2019, 11:32 WIB
Alasan Kenapa Kini Ke Kepulauan Seribu Makin Cepat

Liputan6.com, Jakarta Selama dua tahun pemerintahannya, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah menjalankan 14 program unggulan. Satu di antaranya adalah aksesibilitas Kepulauan Seribu.

“Pemprov DKI Jakarta telah menambahkan armada kapal antarpulau sebanyak 6 unit kapal cepat fiber speedboat,” ujar Bupati Administrasi Kepulauan Seribu, Husein Murad.

Husein menjelaskan, kapal-kapal tersebut melayani 6 rute utama Kepulauan Seribu, seperti Muara Angke - Untung Jawa – Lancang (PP) – Tidung sebanyak 2 kali sehari; Muara Angke – Pari – Pramuka (PP) 2 kali sehari, dengan tarif Rp 40.000 – Rp 70.000.

Dalam kapal antarpulau ini tersedia banyak fasilitas. “Ada toilet, TV, AC, kursi sesuai tiket pemesanan, sistem keamanan, serta akses disabilitas. Selain itu, jangka waktu perjalanan pun lebih cepat,” terangnya.

Contohnya, perjalanan dari Pulau Sebira ke Jakarta Utara yang biasanya ditempuh dalam waktu 8 jam, saat ini perjalanannya bisa dipangkas menjadi 2,5 jam saja.

Alasan Kenapa Kini Ke Kepulauan Seribu Makin Cepat
Kapal cepat fiber speedboat. (Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)
2 of 2

Peduli Kesejahteraan Masyarakat Kepulauan Seribu

Alasan Kenapa Kini Ke Kepulauan Seribu Makin Cepat
(Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selain menyediakan 6 unit kapal cepat fiber speedboat demi kelancaran aksesibilitas masyarakat Kepulauan Seribu, Pemprov DKI Jakarta juga menghadirkan JakGrosir yang bertujuan untuk menyamaratakan harga bahan pangan di Kepulauan Seribu agar sama dengan di daratan Jakarta.

Lewat JakGrosir ini diharapkan pedagang di Kepulauan Seribu bisa mendapatkan barang dengan harga murah dan bersaing, sehingga masyarakat bisa membeli barang dengan harga terjangkau. Hal ini pun turut mendukung terkendalinya inflasi di Ibu Kota.

 

Peduli Kesejahteraan Masyarakat Kepulauan Seribu
(Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)

“Dengan beroperasinya JakGrosir di Pulau Tidung Kecil ini, kebutuhan pangan murah untuk pulau-pulau yang ada di seluruh Kepulauan Seribu juga akan disalurkan dari sana, dan kedepannya JakGrosir bisa hadir di wilayah atau pulau lainnya di Kepulauan Seribu,” ungkap Arief Nasrudin, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya.

Karena perjalanan ke Pulau Pari, Pramuka, dan Tidung lebih singkat dan cepat tiba, kini tidak ada lagi keluhan berwisata ke Kepulauan Seribu terasa jauh sekali. Segera rencana liburan bersama rekan-rekan kantor maupun keluarga ke Kepulauan Seribu ya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓