Menhan Prabowo Subianto Resmikan Patung Jenderal Sudirman di Sleman

Menhan Prabowo Subianto Resmikan Patung Jenderal Sudirman di Sleman

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan patung Panglima Besar Jenderal Sudirman di Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu malam.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (11/11/2019), patung ini dibangun oleh mantan Kepala BIN AM Hendropriyono di tanah bekas lokasi bermukimnya para intelijen di masa perjuangan lalu.

Dari para intelijen, Panglima Besar Jenderal Sudirman mengetahui lokasi pangkalan tentara Belanda di Kediri, Jawa Timur.

Berbekal informasi tersebut, Jenderal Sudirman memutuskan untuk menyerang pangkalan tentara Belanda di Kediri setelah Belanda menyerang Lapangan Udara Maguwo di Yogyakarta pada tahun 1948.

"Saya sangat gembira dan bangga dapat ikut serta, saya diberi kehormatan untuk mewakili Presiden, ini suatu kebanggaan," ujar Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Adalah satu hal yang bagus sebagai peringatan bagi generasi penerus bangsa, tempat ini adalah tempat pembelajaran anak-anak milenial," kata mantan Kepala BIN AM Hendropriyono.

Berbeda dengan kebanyakan patung Jendral Sudirman lain, yang lebih banyak dibuat dengan menggunakan jaket tebal sebagai tanda sedang sakit, patung Jenderal Sudirman ini dibuat sangat gagah dengan pakaian tentara dan posisi tangan sedang menunjuk pesawat udara Belanda.

Ini merupakan simbol kebangkitan semangat Jenderal Sudirman yang tengah sakit saat mendengar Belanda menyerang Maguwo hingga akhirnya memutuskan untuk melakukan serangan balik.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 11 November 2019, 09:24 WIB

Video Terkait

Spotlights