Patung Jenderal Sudirman Diresmikan, Ini Pesan AM Hendropriyono

Oleh Devira Prastiwi pada 11 Nov 2019, 10:16 WIB

Liputan6.com, Yogyakarta - Memperingati Hari Pahlawan, Menteri Pertahanan atau Menhan Prabowo meresmikan patung panglima besar Jenderal Sudirman di Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pembuatan patung digagas oleh mantan Kepala BIN AM Hendropriyono di tanah bekas lokasi permukiman para intelijen di masa perjuangan.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin 11/11/2019), monumen terletak di Jalan Ring Road Barat, Sleman. Lokasi itu di mana para inteljen bermukim pada era perjuangan silam. 

Pembuatan patung digagas mantan Kepala BIN AM Hendropriyono. Berbeda dengan kebanyakan patung Jendral Sudirman yang dibuat dengan pakaian jaket tebal sebagai tanda sedang sakit, patung ini dibuat dengan desain sosok Jendral Sudirman yang gagah berani. 

"Sampaikan ini kepada seluruh anak-anak kita dan tempat ini adalah tempat pembelajaran anak-anak milenial untuk tetap merasa bangsa Indonesia," ujar AM Hendropiyono.

Patung dibuat seolah Panglima Jenderal Sudirman sedang menunjuk serangan udara penjajah yang saat itu mengebom Lapangan Udara Maguwoharjo pada 1947.

Di sisi-sisi patung juga terdapat sejumlah kalimat ucapan penting Jenderal Sudirman yang bisa dijadikan inspirasi.