Sukses

Penikmat Alam, Coba Jelajah Curug Ponggang di Purwakarta

Di masa kejayaannya, tempat ini diandalkan menjadi salah satu sumber penghidupan penduduk Desa Ponggang.

Liputan6.com, Jakarta Purwakarta memiliki sejumlah tempat yang belum diketahui banyak orang. Dari sekian banyak curug misalnya, hanya ada beberapa yang dibuka. Alasannya karena akses yang belum memadai. 

Mungkin salah satunya adalah Curug Ponggang yang terletak di perbatasan dua desa. Adalah Desa Sukajaya, Kiarapedes, Purwakarta dan Desa Ponggang, Kecamatan Serangpanjang, Subang. 

Dikutip dari ramabergawa.blogspot.com, diketahui bahwa curug ini pernah berjaya selama tiga tahun, tepatnya pada 2002-2005.

Di masa kejayaannya, tempat ini diandalkan menjadi salah satu sumber penghidupan penduduk Desa Ponggang. Dulu sempat ada tembok sepanjang 600 meter dan ada fasilitas tempat parkir. 

 

Namun entah bagaimana ceritanya, tempat ini jadi kurang terawat. Meski demikian, tempat ini sering didatangi oleh para penikmat alam. 

Jadi, untuk sampai ke tempat ini, kamu harus melewati sawah dan kebun. Kamu juga akan melintasi rumah-rumah penduduk desa. 

Untuk diketahui, jika musim panas kolam ini tak begitu dalam dan arus yang tidak terlalu deras. Sebaliknya hindari datang di musim hujan karena selain arus curug yang deras, jalur pun licin karena penuh dengan tanah dan bebatuan. 

Oh ya, kamu juga harus tetap berhati-hati, sebab area curug dikelilingi oleh bebatuan besar dan cukup tajam. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.