Sukses

Sistem Satu Arah dari Puncak Menuju Bogor Diterapkan Jelang Petang

Jelang petang, polisi mendorong arus lalu lintas dari Cianjur menuju Bogor sebelum dilakukan sistem satu arah.

Liputan6.com, Cianjur - Satlantas Polres Cianjur menerapkan sistem satu arah dari Puncak menuju Bogor, Minggu (10/11/2019) siang. Langkah ini sebagai upaya antisipasi terjadinya antrean panjang yang sempat mengular satu hari sebelumnya.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Cianjur Ipda Nanang mengatakan, menjelang Minggu petang pihaknya mendorong arus lalu lintas dari Cianjur menuju Bogor sebelum dilakukan sistem satu arah.

"Hari ini tidak separah kemarin, karena sempat dilakukan tutup jalur dari arah Cianjur menuju Puncak karena padatnya arus yang sempat mengular hingga belasan kilometer menuju Bogor," katanya.

Namun hari ini, volume kendaraan berkurang dibandingkan Sabtu kemarin yang sempat memanjang hingga belasan kilometer dengan laju kendaraan tersendat selama beberapa jam.

"Upaya satu arah menuju Bogor yang dilakukan menjelang sore tidak membuat arus kendaraan berkurang. Bahkan antrean kembali memanjang menjelang tengah malam saat jalur kembali normal," jelas Nanang seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan, seriring berakhirnya libur panjang akhir pekan kali ini, pihaknya telah melakukan berbagai upaya rekayasa arus untuk menghindari hal yang sama terjadi pada Minggu sore, tepatnya ketika tempat wisata mulai tutup.

"Kami akan melakukan berbagai upaya rekayasa arus agar menjelang sore ini, tidak terjadi antrean panjang salah satunya memberlakukan sistem satu arah setelah berkordinasi dengan Polres Bogor," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laju Kendaraan Tersendat

Sementara menjelang sore, antrean dengan laju kendaraan tersendat, mulai terlihat menuju arah Bogor mulai dari dari kawasan Hanjawar. Puluhan petugas terlihat melakukan penyekatan dengan mengarahkan pengendara ke sejumlah jalur alternatif.

Diperkirakan volume kendaraan di Jalur Puncak-Cipanas, akan terus meningkat seiring tutupnya aktivitas di tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan Perumahan wisata Kota Bunga.

"Kami mengimbau penguna jalan dari arah Cianjur dnegan tujuan Bogor, Jakarta dan seterusnya untuk mengambil jalur alternatif, Jonggol atau Sukabumi untuk menghindari macet di Jalur Puncak-Cipanas," kata Nanang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.