Istana: Isi Pidato Jokowi ke Surya Paloh Humor Persahabatan

Oleh Liputan6.com pada 10 Nov 2019, 12:05 WIB
Diperbarui 11 Nov 2019, 08:14 WIB
Fadjroel Rahman

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung Ketum NasDem Surya Paloh yang bertemu Presiden PKS Sohibul Iman dalam pidatonya di acara HUT ke-55 Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu 6 November lalu. Istana menegaskan hal itu bukan bentuk teguran Jokowi kepada Surya karena berkomunikasi dengan partai non-pemerintah.

"Tidak ada, ini adalah humor persahabatan. Karena kan koalisinya sangat kuat ya, Pak Jokowi dan Pak Surya Paloh kan cukup lama dan sangat kuat sampai hari ini," kata Jubir Kepresidenan Fadjroel Rahman di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11/2019).

Istana juga menyebut, Jokowi tidak ada maksud menegur Surya. Fadjroel menegaskan, itu adalah humor antara sahabat, termasuk sindiran rangkulan Surya ke Sohibul.

"Itu humor persahabatan, sama kayak kita juga kadang-kadang bikin humor," tegasnya.

Fadjroel menambahkan, Jokowi sendiri akan hadir dalam Kongres NasDem pada Senin (11/11/2019) besok.

"Akan datang pukul 21.00 WIB acaranya kan, jadi tidak ada kaitan dengan yang kemarin, Pak Jokowi sudah memastikan akan datang," pungkas Fadjroel Rahman.

2 dari 3 halaman

Merasakan Rangkulan Surya

Sebelumnya, Presiden Jokowi melontarkan candaan bernada sindiran terhadap Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Jokowi menyatakan wajah Surya Paloh terlihat lebih cerah dan tanpa beban usai menyambangi Markas PKS.

"Wajahnya cerah setelah beliau berangkulan dengan Pak Sohibul Iman, saya tidak tahu maknanya apa," ucap Jokowi saat berpidato di HUT Golkar ke-55 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu 6 November 2019.

Jokowi menilai pertemuan antara Surya dan Sohibul sangat cair. Dia sendiri tidak mengetahui arti dari pertemuan tersebut.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melihat, rangkulan Surya Paloh kepada Sohibul harmonis. Dia pun mengaku belum pernah merasakan rangkulan Surya.

Jokowi juga menyatakan, dirinya berhak menyinggung soal pertemuan Surya Paloh di Markas PKS lantaran Nasdem berada dalam koalisi pemerintahan.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓