Menhan Prabowo Peringati Hari Pahlawan di Yogyakarta

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 10 Nov 2019, 09:44 WIB
Diperbarui 10 Nov 2019, 09:44 WIB
Prabowo Subianto
Perbesar
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memeriksa barisan pasukan kehormatan saat upacara penyambutan di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Prabowo disambut upacara militer sebelum serah-terima jabatan (sertijab) Menteri Pertahanan dari Ryamizard Ryacudu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Yogyakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memilih Yogyakarta sebagai tempat memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, Minggu 10 November 2019. Hal ini dituturkan Dahnil Anzar sebagai juru bicara Prabowo Subianto.

"Beliau upacara di Yogya, ada peresmian patung Jenderal Soedirman di Ring Road Barat," tulis Dahnil saat dikonfirmasi awak media, Minggu (10/11/2019).

Meenengok cuitan Kementerian Pertahanan, terunggah juga video pendek yang menampilkan foto-foto Bung Tomo, Jenderal Soedirman, Bung Karno, hingga foto Prabowo Subianto yang menatap bendera merah putih saat upacara penyambutannya.

"Momentum hari Pahlawan menjadi tonggak sejarah perjuangan para Pendahulu. Dengan semangat pengorbanan para Pahlawan, kami siap melanjutkan perjuangan menuju Indonesia Maju," tulis Twitter @Kemhan_RI.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat untuk menghargai dan menghormati jasa para pahlawan. Menurut Presiden, dengan menghormati para pahlawan, maka Bangsa Indonesia juga akan menjadi besar.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai, menghormati jasa-jasa pahlawannya," ujar Jokowi saat memberikan sambutan dalam upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu pagi.

 

2 dari 3 halaman

Mengenang Jasa Pahlawan

Jokowi juga meminta masyarakat untuk memperingati Hari Pahlawan dengan mengenang jasa-jasa para pahlawan. Dia mengatakan, saat ini adaah saatnya untuk berjuang mewujudkan apa yang dicita-citakan para pahlawan.

"Dan kita ingat bahwa para pahlawan telah berjuang, merebut, mempertahankan kemerdekaan kita, negara kita, dan menjadi kewajiban kita bersama sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan, terutama perjuangan dalam memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan dan yang lain-lainnya," kata Jokowi.

Upacara ini diikuti oleh sekitar 3.500 peserta, baik dari undangan maupun personel dari tiga matra TNI. Untuk kelancaran upacara, jalan di sepanjang Kalibata pun sudah mulai steril sejak pukul 07.00 WIB. 

Jokowi kemudian meletakkan karangan bunga di tugu TMP Kalibata dan usai upacara dia juga menaburkan bunga di sejumlah makam pahlawan. Menteri Agama Fahcrul Razi membacakam doa di akhir upacara.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓