Sukses

Jokowi: Saatnya Kita Memberantas Kemiskinan dan Kebodohan

Jokowi juga meminta masyarakat untuk memperingati Hari Pahlawan dengan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat untuk menghargai dan menghormati jasa para pahlawan. Menurut Presiden, dengan menghormati para pahlawan, maka Bangsa Indonesia juga akan menjadi besar.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai, menghormati jasa-jasa pahlawannya," ujar Jokowi saat memberikan sambutan dalam upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11/2019).

Jokowi juga meminta masyarakat untuk memperingati Hari Pahlawan dengan mengenang jasa-jasa para pahlawan. Dia mengatakan, saat ini adaah saatnya untuk berjuang mewujudkan apa yang dicita-citakan para pahlawan.

"Dan kita ingat bahwa para pahlawan telah berjuang, merebut, mempertahankan kemerdekaan kita, negara kita, dan menjadi kewajiban kita bersama sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan, terutama perjuangan dalam memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan dan yang lain-lainnya," kata Jokowi.

Upacara ini diikuti oleh sekitar 3.500 peserta, baik dari undangan maupun personel dari tiga matra TNI. Untuk kelancaran upacara, jalan di sepanjang Kalibata pun sudah mulai steril sejak pukul 07.00 WIB. 

Jokowi kemudian meletakkan karangan bunga di tugu TMP Kalibata dan usai upacara dia juga menaburkan bunga di sejumlah makam pahlawan. Menteri Agama Fahcrul Razi membacakam doa di akhir upacara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Menteri Kabinet

Pada upacara ini, terlihat pula hadir jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, dan Menteri BUMN Erick Thohir. 

Kemudian ada Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Wakil Menteri BUMN Kartika Wiroatmodjo, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian serta Ketua MPR Bambang Soesatyo. 

Usai upacara, Jokowi dan Maruf Amin menabur bunga di beberapa makam para pahlawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.