Sukses

Polri: Firli Bahuri Berprestasi dan Mumpuni

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri akan mendapat promosi jabatan sebagai Kabaharkam Polri, sebelum dirinya resmi dilantik sebagai Ketua KPK pada Desember nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri akan mendapat promosi jabatan sebagai Kabaharkam Polri, sebelum dirinya resmi dilantik sebagai Ketua KPK pada Desember nanti. Firli akan menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi yakni sebagai Komisaris Jenderal (Komjen), menyesuaikan dengan jabatan barunya.

"Ya, benar yang bersangkutan mendapat promosi karena dinilai berprestasi dan mumpuni. Pangkatnya akan menyesuaikan dengan jabatan barunya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal dalam keterangannya, Jumat (8/11/2019) malam.

Iqbal menjelaskan, Firli Bahuri memiliki sederet catatan prestasi sejak di Akademi Kepolisian (Akpol) hingga saat ini. Dia pernah dipercaya sebagai Komandan Resimen Korp Taruna tingkat I, II, dan III Akpol.

"Sejak taruna, Pak Firli Bahuri itu kariernya sudah cemerlang, memimpin taruna dari tingkat I sampai III. Dia memimpin sebagai Komandan Resimen Korp Taruna pada tahun 1990, memimpin semua taruna tingkat I, II, III," jelasnya.

Jabatan di Akedemi Kepolisian tersebut adalah jabatan sangat ketat pilihannya, karena merupakan Taruna Akpol yang harus mempunyai kemampuan lengkap akademik, fisik dan mental kepribadian. Karena Danmenkorp Taruna itu adalah idola serta tauladan semua taruna yang ada.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Jadi Ajudan Wapres

Iqbal mengungkapkan, terpilihnya Firli sebagai ajudan mantan Wakil Presiden (Wapres) Boediono merupakan puncak kariernya di level perwira menengah.

Menurutnya, ajudan wapres adalah personel pilihan yang masuk kategori cerdas, memiliki pola pikir cemerlang dan mempunyai kepribadian yang mumpuni.

"Kariernya cemerlang dan puncaknya saat menjadi ajudan wakil presiden karena ajudan presiden itu adalah pilihan, tentunya harus orang yang cerdas, pikirannya cemerlang, pribadi yang baik. Maka Pak Firli sangat layak dipromosikan (sebagai Kabaharkam)," ungkapnya.

Selain itu, Firli juga dinilai mempunyai prestasi selama menjabat sebagai Kapolda NTB dan Kapolda Sumatera Selatan.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.