Sukses

Reini Wirahadikusumah, Perempuan Pertama yang Terpilih Jadi Rektor ITB

Ketua MWA ITB Yani Panigoro mengatakan, terpilihnya Reini sebagai rektor menjadikan sejarah tersendiri bagi ITB.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung (MWA ITB) menetapkan Reini Wirahadikusumah sebagai Rektor ITB periode 2020-2025. Penetapan ini berdasarkan hasil Sidang Pemilihan dan Penetapan yang dilakukan MWA ITB di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Pada sidang tersebut juga dihadiri oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.

Seperti dilansir situs resmi ITB, Ketua MWA ITB Yani Panigoro mengatakan, terpilihnya Reini sebagai rektor menjadikan sejarah tersendiri bagi ITB karena merupakan perempuan pertama yang menjadi Rektor ITB.

"Sidang berjalan dengan lancar dan semua sepakat bahwa yang terpilih adalah Prof. Reini Wirahadikusumah," ujar Yani Panigoro saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Jumat(8/11/2019).

Turut hadir pada konferensi pers itu yaitu Prof Jaka Sembiring, dan Prof Kadarsah Suryadi, sebagai Calon Rektor ITB Periode 2020-2025.

Yani menambahkan, ke depannya rektor terpilih akan berkolaborasi dari sisi gagasan-gagasan yang telah diberikan oleh Calon Rektor ITB untuk kemajuan ITB dan Indonesia.

Yani berharap, semoga dengan telah terpilihnya Reini sebagai Rektor ITB akan membawa perubahan lebih baik bagi kampus yang akan ulang tahun ke-100 tahun.

"Ketiga calon sudah melalui berbagai proses baik dari panel ahli, debat publik, komunikasi secara terbuka dengan sivitas akademika ITB, dan paparan di Sidang Tertutup di MWA ITB. Semuanya sudah tahu bagaimana gagasan-gagasan dari Calon Rektor. Khususnya dengan Mendikbud, para calon juga sudah melakukan wawancara khusus," ujarnya.

Yani juga menyampaikan pesan dari Mendikbud Nadiem bahwa ITB ke depan harus menyesuaikan dengan perubahan yang akan terjadi. Kepada rektor terpilih, juga harus berkolaborasi agar ITB menjadi lebih baik.

Selain itu, ia mengatakan Rektor ITB juga harus berani mengambil keputusan, tegas, dan bisa beradaptasi dengan cepat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Budaya Inovasi

Rektor terpilih untuk Periode 2020-2025, Reini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan yang telah diberikan. ia menilai, selama ini di bawah kepemimpinan rektor sebelumnya, ITB berkembang dari sisi inovasi.

"SDM di ITB banyak dan kami siap untuk melakukan inovasi-inovasi karena budaya inovasi sudah ada di ITB," ujarnya.

N. R. Reini D Wirahadikusumah merupakan seorang guru bBesar pada Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB.

MWA telah melaksanakan proses Pemilihan Rektor ITB sejak Agustus 2019. Pada proses itu, terdapat 34 pendaftar, 5 dari luar kampus, dan 29 dari dalam kampus ITB.

Selanjutnya ialah ditetapkan menjadi 30 nominasi oleh tim panel ahli, kemudian dipilih menjadi 10 Bakal Calon Rektor. Lalu, melalui sidang di Senat Akademik ITB ditetapkan menjadi 3 Calon Rektor ITB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.