Sukses

Maulid Nabi di Istana, Ma'ruf Amin Beri Sambutan di Depan Jokowi

Dalam sambutan acara Maulid Nabi, Ma'ruf Amin menyampaikan, Nabi Muhammad merupakan tokoh perubahan yang luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1441H/2019M di Istana Negara Jakarta, Jumat (8/11/2019). Jokowi didampingi Wapres Ma'ruf Amin.

Acara tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Samsuri Firdausi yang merupakan juara pertama MTQ Turki. Kemudian, dilanjutkan uraian hikmah dari Guru Besar UIN Walisongo Prof Dr Abdul Jamil.

Ada hal berbeda dalam Maulid Nabi kali ini, di mana Jokowi tak memberikan sambutan. Sambutan disampaikan oleh Ma'ruf Amin. Padahal, setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad, Jokowi selalu memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin menyampaikan, Nabi Muhammad merupakan tokoh perubahan yang luar biasa. Nabi Muhammad berhasil mengubah masyarakat jahiliyah menjadi masyarakat khairul ummah, umat terbaik terbaik yang lahir untuk manusia.

"Perubahan yang dilakukan oleh Rasululah super cepat, karena hanya dilakukan selama 23 tahun," ucap Ma'ruf.

Menurut dia, apa yang dicapai oleh Rasulullah karena perubahan yang dilakukan dengan secara terus menerus dan berkelanjutan. Ma'ruf menuturkan Nabi Muhammad menjalani perbaikan dengan hati dan penuh santun. Hal itu, lanjut dia, perlu diteladani.

"Perubahan yang dilakukan Rasul adalah perubahan pada manusianya. Dari aqidah, cara berfikir, dan perilakunya. Semangat perubahan seperti Rasul itu yang ingin kita contoh dan teladani," kata Ma'ruf Amin di acara Maulid Nabi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Para Duta Besar Negara Sahabat

Acara ini dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka antara lain, Menteri Agama Fachrul Razi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar.

Kemudian Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan Eddy Prabowo, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga dihadiri para duta besar negara sahabat. Selain itu, puluhan anak-anak dari sejumlah sekolah di Jakarta juga diundang untuk hadir dalam peringatan Maulid Nabi tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.